Text
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS II DI MI AL-KHOIR PROPPO
ABSTRAK
Sasmiati, 2019, Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Kelas II di MI Al-Khoir Proppo, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Heni Listiana, M.Pd.I
Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, Pendekatan Kontekstual, Matematika
Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Salah satu tujuan pendidikan adalah menghasilkan siswa yang mempunyai semangat untuk terus belajar seumur hidup, penuh rasa ingin tahu dan keinginan untuk menambah ilmu, Kunci untuk mewujudkan semua itu adalah adanya motivasi yang kuat dan terpelihara dalam diri siswa untuk terus belajar. Tingkat motivasi belajar cenderung berkorelasi positif dengan hasil belajar, artinya semakin kuat/tinggi tingkat motivasi belajar, semakin baik hasil belajar siswa. Dimana dalam kegiatan belajar matematika siswa dikelas II MI Al-Khoir Proppo kurang bersemangat, malas dan jenuh saat belajar matematika sehingga menyebabkan prestasi siswa rendah dan kurangnya inovasi guru dalam metode pembelajaran. Dengan demikian menyebabkan siswa tidak suka dan bosan pada saat belajar matematika.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran matematika melalui pendekatan konstektual di kelas II MI Al-Khoir Proppo? Kedua, Bagaimana peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan pendekatan konstektual di kelas II MI Al-Khoir Proppo? Ketiga, Bagaimana peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan pendekatan konstektual di kelas II MI Al-Khoir Proppo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu jenis penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran dikelas secara berkesinambungan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat berjalan dengan baik, dimana dalam kegiatan belajar siswa mulai berani bertanya yang awalnya pasif kini berubah menjadi aktif. Dengan menggunakan Pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa . Adapun hasil peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas kegiatan siswa dalam kegiatan belajar dimana pada pra siklus mencapai 20% dan siklus I mencapai 40% sedangkan siklus II mencapai 70%. Siswa lebih semangat dan senang belajar matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual sehingga hasil prestasi siswapun meningkat dapat dilihat dari hasil tes kerja siswa rata-rata siswa, dimana ada peningkatan yang cukup baik dari pra siklus mencapai 58,2 %, siklus I mencapai 70,6% dan pada siklus II mencapai 79,5%.
Tidak tersedia versi lain