Text
IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI MI NURUL HIKMAH LENTENG PROPPO
ABSTRAK
Sri Hastutik, 2019. Implementasi Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di MI Nurul Hikmah Lenteng Proppo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Pamekasan, Dr. Abd. Mukhid, M.Pd
Kata kunci: Hasil Belajar, Ipa, Metode Simulasi
Keberhasilan dalam proses belajar mengajar dapat diukur dari keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Pengorganisasian proses belajar mengajar dikelas dengan strategi pembelajaran yang tepat adalah salah satu hal yang harus benar-benar dipahami oleh guru selaku pendidik untuk meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa.
Terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, bagaimana langkah-langkah penggunaan metode simulasi jenis peer teaching dalam pembelajaran IPA. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa kelas IV dalam implementasi metode simulasi jenis peer teaching pada pembelajaran IPA. Ketiga, faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam penggunaan metode simulasi jenis peer teaching pada siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang disekitar, pada kelas IV di MI Nurul Hikmah Lenteng Proppo melalui metode simulasi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini menerapkan metode simulasi. Metode simulasi digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada meteri pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang disekitar.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelajaran IPA melalui penerapan metode simulasi. Pertama, langkah-langkah penggunaan metode simulasi jenis peer teaching dalam pembelajaran IPA yaitu 1) Simulasi mulai dimainkan oleh kelompok pemeran. 2) Masing-masing kelompok diberikan tugas mempelajari satu sub bab materi dan masing tutor sebaya yang akan memandu mereka belajar. 3) Berikan waktu yang cukup untuk belajar di dalam kelas maupun di luar kelas. 4) Setiap kelompok memilih satu anggotanya untuk menyampaikan materi yang telah mereka pelajari, dan guru sebagai narasumber pertama. 5) Para siswa hanya mengikuti dengan penuh perhatian. 6) Guru hendaknya memberikan bantuan kepada pemeran yang mendapat kesulitan. 7) Simulasi hendaknya dihentikan pada saat puncak. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong siswa berpikir dalam menyelesaikan masalah ynag sedang disimulasikan. Kedua, terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus atau pertemuan yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 69%. Pelaksanaan metode pembelajaran simulasi sudah sesuai dengan prosedur peaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembeajaran pada siklus I pertemuan I pelaksanaan siklus 1 pertemuan 1 mencapai 75% dari hasil ulangan sebelumnya. Dan hasil belajar pada siklus 1 pertemuan 2 mencapai 80%. Ketiga, Faktor penghambat metode simulasi ini terdapat pada siswa yang kurang menguasai materi serta pada siswa yang belum bisa atau belum lancar membaca. di MI Nurul Hikmah ini terdapat siswa yang belum lancar dalam membaca, ada 4 orang siswa yang masih perlu bimbingan dalam membaca. Dan di MI Nurul Hikmah ini, tidak semua guru di sekolah itu menerapkan metode simulasi ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Guru disini memilih terlebih dahulu metode apa yang cocok untuk di terapkan dalam suatu mata pelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang disekitar di MI Nurul Hikmah Lenteng Proppo melalui metode simulasi. Saran yang akan peneliti sampaikan sehubungan dengan uraian data yang telah peneliti peroleh tentang Implementasi Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di MI Nurul Hikmah Lenteng Proppo diantaranya, 1) Guru, dalam rangka meningkatkan kualitas belajar dan hasil belajar hendaknya semua guru yang ada di madrasah bisa menerapkan berbagai macam metode pembelajaran sehingga semua siswa bisa lebih aktif lagi dalam belajar dan hasil belajar mereka bisa meningkat. Serta diharapkan para guru lebih peka dan termotivasi terhadap persoalan dalam pengembangan potensi anak sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. 2) Siswa, diharapkan semua siswa berusaha untuk lebih meningkatkan kegiatan belajarnya sehingga banyak tercipta siswa yang berkualitas dan berprestasi serta berakhlak mulia. 3) Wali Murid, diharapkan orang tua memberikan kontribusi positif terhadap anaknya baik melalui bimbel, kursus untuk membantu meningkatkan hasil belajarnya dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan belajar di Sekolah/Madrasah.
Tidak tersedia versi lain