Text
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VI SDN SANA TENGAH 1 KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
Abstrak
Nur Aisyah Jamil 2019, pengaruh penggunaan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Kelas VI Kacamatan Pasean. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), sekolah IAIN Madura Institut Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing: Dr. Siswanto, M,Pd.I
Kata Kunci :Pengaruh, Metode Diskusi, Kemampuan Berbicara
Metode diskusi adalah suatu bentuk metode dalam pembelajaran yang melibatkan dua siswa atau lebih, yang saling berinteraksi dan tukar menukar pikiran, informasi, pengalaman, pendapat atau pemecahan masalah secara formal dengan tujuan tertentu dan saling berhadapan muka. Sedangkan Berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang berkembangan paa kehidupan anak, yang hanya didahului oleh keterampilan menyimak, dan pada masa tersebutlah kemampuan berbicara atau berujar dipelajari.
Ada dua permaslahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini, pertama: adakah pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VI SDN Sana Tengah 1 Kacamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Kedua: seberapa besar pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VI SDN Sana Tengah 1 Kacamatan Pasean Kabupaten Pamekasan.
Jenis penelitian adalah digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik, yaitu mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y. Yang termasuk variabel X adalah penggunaan metode diskusi, sedangkan variabel Y adalah kemampuan berbicara siswa.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VI SDN Sana Tengah 1 Kacamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Februari, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statisik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VI SDN Sana Tengah 1 Kacamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. hal ini terbukti bahwa nilai ''r'' kerja 0,414 lebih besar dari nilai ''r'' tabel product moment, dimana pada interval kepercayaan 95% adalah 0,284 dan 99% adalah 0,368 lebih tinggi dari harga kritik product moment. Maka, konsultasikan korelasi product moment, yang dinyatakan bahwa harga karja ''r'' kerja 0,414 berada di rantangan antara 0,400 sampai dengan 0,600 dengan demikian dapat ditegaskan bahwa kedua variabel diatas terdapat korelasi agak rendah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka kepada Bapak/Ibu guru untuk terus mengembangkan secara lebih profesional agar membuahkan hasil yang optimal dan maksimal. Dan kepada semua siswa khususnya siswa kelas VI yang sudah tercantum dalam penelitian ini agar selalu meningkatkan semangat dan kemampuan berbicara supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
Tidak tersedia versi lain