Text
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DASAR MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS II DI SDI MATSARATUL HUDA PANEMPAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
St Rahmah Tillah, 2019. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dasar Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (Ctl) Mata Pelajaran Matematika Pada Kelas Ii Di Sdi Matsaratul Huda Panempan Kabupaten Pamekasan tahun pelaaran 2018/2019. Skripsi Program study pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama islam Negri Madura.
Kata kunci: Meningkatkan Pemahaman, Matematika, Metode Contextual Teaching And Learning (CTL).
Penelitian ini dilakukan karena pelajaran matematika khususnya materi perkalian sulit diterima dan dipahami oleh siswa kelas II kalau hanya menggunakan cara ceramah dan hafalan saja. Dari permasalahan itulah peneliti melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Contextual Teaching And Learning (Ctl). Rumusan masalah dalam peneltian ini adalah: 1. Bagaimana cara meningkatkan pemahaman konsep perkalian dasar menggunakan metode contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran matematika pada kelas II di SDi Matsaratul Huda Panempan Kabupaten Pamekasan?; 2. Apakah penerapan metode contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian dasar pada mata pelajaran matematika pada kelas II di SDi Matsaratul Huda Panempan Kabupaten Pamekasan?.
Penelitian ini dilakukan di SDI Matsaratul Huda panempan. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri daridua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, non tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Cara yang dilakukan dalam menerapkan metode Contextual Teaching and Lerning (CTL) yaitu dengan membawa pelajaran pada kehidupan sehari-hari siswa yang dapat mempermudah siswa memahami pelajaran yang di sampaikan. Memberi penguatan materi dengan mengajak siswa belajar sambil bermain. Agar siswa tidak merasa bosan; 2. penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Presentase ketuntasan belajar secara klasikal pada pra-siklus dan siklus I menunjukkan hasil 42,85% dan 52,38% dengan katagori “Kurang Tercapai”, kemudian dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan dari 52,38% menjadi 80,95% dengan katagori “Baik”. Presentasi peningkatan nilai rata-rata kelas pada prasiklus 57,14 meningkat pada siklus I 59,57 dan meningkat lagi pada siklus ke II 80,09. Dengan demikian penggunaan metode Contextual Teaching ang Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika materi perkalian dasar.
Tidak tersedia versi lain