Text
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI TARBIYATUS SHIBYAN LEMBUNG TIMUR LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Zahratun Naemah, 2019, Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Tarbiyatus Shibyan Lembung Timur Lenteng Sumenep, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah H.AR, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Prestasi Belajar Siswa
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran kedalam berbagai tema yang didalamnya mencerminkan dunia nyata siswa sehingga sangat membantu siswa dalam menerima dan memahami pelajaran. Secara teori, pembelajaran tematik sangat cocok diterapkan di lembaga pendidikan khususnya tingkat dasar karena pembelajaran tematik dapat memberikan peluang dalam mengembangkan kreatifitas dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Berangkat dari hal tersebut peneliti merasa perlu untuk menguji seberapa jauh kontribusi dan pengaruh adanya penerapan pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian dengan masalah yang diambil tentang Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Tarbiyatus Shibyan Lembung Timur Lenteng Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang ada atau tidak adanya pengaruh penerapan pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar dan seberapa besar pengaruh pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa MI Tarbiyatus Shibyan Lembung Timur Lenteng Sumenep.
Guna memperoleh data yang akurat dan relevan dalam menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu metode angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penentuan sampel penulis menggunakan porpusive sampling (sampel bertujuan) yaitu siswa kelas IV dan V yang telah menerapkan pembelajaran tematik dengan jumlah siswa 46 orang. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik korelasi product moment.
Setelah dianalisis, dengan bantuan korelasi product moment maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa harga kritik “r” tabel untuk N= 46 pada interval kepercayaan 95% adalah 0,291 dan pada interval kepercayaan 99% adalah 0,276, sedangkan nilai “r” kerja adalah sebesar 0,585. Setelah membandingkan antara “r” kerja dengan “r” tabel harga kritik diketahui bahwa “r” kerja lebih besar dari pada “r” tabel baik pada interval kepercayaan 95% yaitu 0,585 > 0,291 ataupun pada interval kepercayaan 99% yaitu 0,585 > 0,276 artinya terdapat pengaruh penerapan pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa MI Tarbiyatus Shibyan Lembung Timur Lenteng Sumenep. Adapun besar pengaruh Penerapan Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi belajar Siswa MI Tarbiyatus Shibyan Lembung Timur Lenteng Sumenep memiliki tingkat pengaruh yang tergolong agak rendah dengan hasil interpretasi nilai rxy sebesar 0,585 bergerak diantara rentangan nilai 0,400 sampai 0,600 dengan kategori Agak Rendah.
Tidak tersedia versi lain