Text
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA INDUSTRI KRIPIK PISANG BAROKAH DI DESA BICORONG KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Khodaifah, 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Industri Kripik Pisang Barokah Di Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Wadhan, M. Si
Kata Kunci: Harga, kualitas produk dan kepuasan konsumen
Harga dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Dimana harga berperan penting dalam menentukan keputusan konsumen untuk membeli barang atau jasa.Selain mempertimbangkan harga, konsumen juga mempertimbangkan kualitas produk yang akan mereka beli, konsumen mengharapkan adanya kesesuaian harga dan kualitas produk yang mereka terima.
kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan bahwa dengan adanya kepuasan yang baik, maka konsumen akan selalu mengingat harga produk dan kualitasnya tersebut dan akan selalu mempunyai keinginan untuk membelinya.Dengan adanya kualitas produk yang baik inilah yang akan membuat para konsumen puas dan percaya. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh produsen. Kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut. Bila apa yang diinginkan oleh konsumen terpenuhi otomatis konsumen akan semakin puas.
Berdasarkan hal tersebut ada dua rumusan permasalahan yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini: Pertama, adakah pengaruh variabel yang terdiri dari harga dan kualitas produk pada indutri kripik pisang ibu idah di desa bicorong kecamatan pakong kabupaten pamekasan. Kedua, variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan antara harga dan kualitas produk pada industri kripik pisang Barokah di Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi linier berganda dan prosedur pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah seluruh konsumen pembeli kripik pisang Barokah, sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sample incidental / sampel insidental.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Nilai thitung = 3,387 >ttabel 1,662 (dengan taraf signifikan 0,001
Tidak tersedia versi lain