Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
SitiFatmawati, 2020, PengaruhKualitasLayanandanPromosiTerhadapMinatMenabungNasabah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Sakinah, MEI
Kata Kunci: KualitasLayanan, Promosi, MinatMenabugNasabah.
Kualitas layanan merupakan faktor penentuan persepsi nasabah terhadap keberadaan suatu bank, yaitu apakah layanan yang diterima dan dirasakan oleh nasabah akan sama dengan yang mereka harapkan, mungkin lebih baik atau bahkan lebih buruk. Kualitas adalah tingkat mutu yang diharapkan, dan pengendalian keragaman dalam mencapai mutu tersebut untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Untuk kemajuan bank maka perlu mencermati permintaan nasabah terhadap suatu produk atau jasa yang di tawarkan, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas layanan. Dan salah satu strategi yang di lakukan adalah melakukan promosi dengan menawarkan produk yang di miliki oleh suatu bank kepada masyarakat melalui media cetak ataupun elektronik.Namun masih lemahnya sosialisasi perbankan juga mempengaruhi minat menabung nasabah terhadap perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti inginmenganalisis pengaruh kualitas terhadap minat menabung nasabah pada PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan; kedua: penelitiinginmenganalisis pengaruh promositerhadap minat menabung nasabah pada PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan; ketiga: penelitiinginmenganalisis pengaruh kualitas layanan dan promosi secara bersama-sama terhadap minat menabung nasabah pada PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesionerdan dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Populasidalampenelitianiniadalahnasabah PT. BPRS Sarana Prima MandiriPamekasan yang berjumlah 100 nasabah, denganteknikpengampilansampelmenggunakansampelincidental atausecarakebetulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kualitaslayananberpengaruhsangatsignifikanterhadapminatmenabungnasabahpada PT. BPRS Sarana Prima MandiriPamekasan.Hasilinidapatdilihatdarijawabanresponden yang mayoritasmemberikanjawabansetujudansangatsetujudengankategorikuatyaitusebesar 85,7%; (2) promosiberpengaruhsangatsignifikanterhadapminatmenabungnasabahpada PT. BPRS Sarana Prima MandiriPamekasan. Hasilinidapatdilihatdarijawabanresponden yang mayoritasmemberikanjawabansetujudansangatsetujudengankategorikuatyaitusebesar 83,5%; (3) kualitaslayanandanpromosisecarabersama-samaberpengaruhsangatsignifikanterhadapminatmenabungpada PT. BPRS Sarana Prima MandiriPamekasandapatdilihatdarinilaiFhitung>Ftabelyaitusebesar 93,281>3,09denganstandarsignifikan 0,000 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain