Text
PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI PAUD AL-KHAIRAT DEMPO BARAT PASEAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Layyinatul Hasanah, 2019, Peningkatan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Gerak Dan Lagu Di PAUD Al-Khairat Dempo Barat Pasean Pamekasan, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Siti Azizah, M.Pd
Kata Kunci: Peningkatan, Metode Gerak dan Lagu, Perkembangan Bahasa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa melalui metode gerak dan lagu pada anak kelompok Aisyah di PAUD Al-Khairat Dempo Barat Pasean Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah dengan kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Al-Khairat Dempo Barat Pasean Pamekasan; kedua, bagaimana hasil dalam meningkatkan perkembangan bahasa melalui gerak dan lagu di PAUD Al-Khairat Dempo Barat Pasean Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis &Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Aisyah di PAUD Al-Khairat Dempo Barat Pasean Pamekasan yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian adalah perkembangan bahasa dengan metode gerak dan lagu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata perkembangan bahasa anak dengan metode gerak dan lagu telah mencapai 70%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan bahasa dengan metode gerak dan lagu pada anak kelompok Aisyah di PAUD Al-Khairat Dempo Barat Pasean Pamekasan. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan rata-rata perkembangan bahasa anak pada Siklus I sebesar 52%, meningkat menjadi 77% pada tindakan Siklus II. Perkembangan bahasa anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses, yaitu: 1) Peneliti mengajak semua anak untuk fokus dengan tepuk-tepuk atau dengan bernyanyi terlebih dahulu agar anak fokus dan tertatik mengikuti kegiatan gerak dan lagu; 2) Penentuan alokasi waktu kegiatan gerak dan lagu; 3) mengeksplorasi kosa kata anak dengan menghubungkan pertanyaan yang satu dengan yang lainnya sesuai isi dari lagu pada kegiatan gerak dan lagu.
Tidak tersedia versi lain