Text
PENINGKATAN KECERDASAN KOGNITIF ANAK DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG MELALUI METODE BERMAIN PADA ANAK USIA DINI DI RA MIFTAHUL ULUM PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurma Fitrya Ningsih, 2019, Peningkatan Kecerdasan Kognitif Anak Dalam Pembelajaran Berhitung melalui Metode Bermain pada Anak Usia Dini di RA Miftahul Ulum Proppo Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing Hj. S. Sumihatul Ummah, MS.M.Pd.
Kata Kunci: Peningkatan, Kecerdasan Kognitif, Metode Bermain, Berhitung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kognitif anak pada pembelajaran berhitung melalui metode bermain pada anak usia dini di RA Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan kecerdasaan kognitif anak dalam pembelajaran berhitung melalui metode sebut angka di RA Miftahul Ulum Proppo Kabupaten Pamekasan; kedua bagaimanakah hasil peningkatan kecerdasan kognitif anak dalam pembelajaran berhitung melalui metode bermain di RA Miftahul Ulum Proppo Kabupaten Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak RA Miftahul Ulum Proppo Pamekasan yang berjumlah 12 anak. Objek penelitian adalah pembelajaran berhitung dengan metode bermain. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata pembelajaran berhitung anak dengan metode bermain telah mencapai 80%.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran berhitung melalui metode bermain pada anak RA A Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berhitung anak Siklus I 47%, meningkat menjadi 82% pada tindakan Siklus II. Pembelajaran Berhitung anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberi tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses, yaitu: 1) Peneliti lebih ekspresif dalam memberi arahan dan juga peneliti lebih kreatif membuat permainan sehingga anak lebih tertarik; 2) Kegiatan pembelajaran berhitung di sediakan waktu 45 menit agar semua anak dapat bermain satu persatu ke depan; 3) Peneiti mengkondisikan anak-anak terlebih dahulu, seperti mengatur tempat duduk dan peneliti juga meminta kepada anak yang akan bermain agar suaranya lebih di lantangkan agar teman-temannya yang lain dapat mendengar dengan jelas dan konsentrasi kepada anak yang akan berhitung di depan.
Tidak tersedia versi lain