Text
PROFESIONALISME GURU PAUD DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI PAUD TERPADU MUTIARA BUNDA DESA LAWANGAN DAYA KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ernia Safiyana, 2019, Profesionalisme Guru PAUD dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran di PAUD Terpadu Mutiara Bunda Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag. M.Pd.
Katakunci: profesionalisme guru, PAUD, media pembelajaran
Penelitian ini dilatar belakangi tuntutan bagi seorang guru PAUD sebagai pengajar dan pendidik anak usia dini, serta ikut bertanggung jawab atas tercapainya indikator perkembangan anak usia dini. Ada tiga fokus yang yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1.) Bagaimana kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran?, 2.) Apa saja kendala guru dalam memanfaatkan media pembelajaran?,3.) Bagaimana solusi guru dalam menangani kendala pemanfaatan media pembelajaran?. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi kepada guru mengenai pentingnya profesionalisme guru khususnya dalam hal memanfaatkan media pembelajaran sehingga akan tercapai suatu tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di PAUD Mutiara Bunda Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian meliputidata reduction (reduksi data/merangkum), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verfication (verifikasi/penarikan kesimpulan). Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran adalah 1.) Memilih media pembelajaran; 2.) Menggunakan media pembelajaran; 3.) Merawat media pembelajaran. Kedua, kendala guru dalam memanfaatkan media pembelajaran adalah 1.) Pendidikan akhir; 2.) Pengalaman mengajar. Ketiga, solusi guru dalam menangani kendala pemanfaatan media pembelajaran adalah 1.) Mengikuti pelatihan; 2.) Mengikuti seminar/work shop.
Tidak tersedia versi lain