Text
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD NURUL AMAL SANA TENGAH KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Riskiyatul Ainiyah, 2019, Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Amal Sana Tengah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hj. S. Sumihatul Ummah Ms. M. Pd
Kata Kunci: Peningkatan, Media pembelajaran puzzle, kecerdasan kognitif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran puzzle untuk meningkatan kecerdasan kognitif anak usia dini di PAUD Nurul Amal Sana Tengah kecamatan Pasean kabupaten Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah dengan kegiatan penerapan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan kecerdasan kognitif anak usia dini di PAUD Nurul Amal Sana Tengah kecamatan Pasean kabupaten Pamekasan.kedua, bagaimana hasil dalam meningkatkan kecerdasa kognitif anak melalui penerapan media pembelajaran puzzle di PAUD Nurul Amal Sana Tengah kecamatan Pasean kabupaten Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis &Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak PAUD Nurul Amal Sana Tengah kecamatan Pasean kabupaten Pamekasan yang berjumlah 16 anak. Objek penelitian adalahpenerapan media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan kecerdasan kognitif anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata penerapan media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan kecerdasan kognitif anak usia dinitelah mencapai 78%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kognitif anak melalui media pemelajaran puzzle diPAUD Nurul Amal Sana Tengah kecamatan Pasean kabupaten Pamekasan. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan rata-rata perkembanganpeningkatkan kecerdasan kognitif anakpada Siklus I sebesar 43%, meningkat menjadi 78% pada tindakan Siklus II. Perkembangan media pembelajaran puzzle mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses, yaitu: 1)Peneliti mengajak semua anak untuk fokus dengan tepuk-tepuk atau dengan bernyanyiterlebih dahulu agar anak fokus dan tertatik mengikuti proses kegiatan belajar mengajar; 2) Penentuan alokasi waktu dalam proses kegiatan belajar mengajar;; 3) mengeksplorasi kosa kata anak dengan menghubungkan pertanyaan yang satu dengan yang lainnya sesuai dengan tema pada hari ini.
Tidak tersedia versi lain