Text
PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH “TABAROK” DI PT. BRPS SARANA PRIMA MANDIRI (SPM) PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Milasari, 2019 “Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Nasabah Memilih “Tabarok” di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, MM.
Kata Kunci : Brand Awareness , Keputusan Nasabah
Dunia bisnis di era globalisasi ini mengalami persaingan yang sangat ketat dalam segala sektor usaha, baik yang bergerak dalam bidang produksi, maupun pelayanan jasa, seperti halnya lembaga keuangan. masyarakat atau calon anggota itu masih belum mengenal atau mengetahui merek yang ada dalam produk yang ada di BPRS SPM. Oleh karena itu diperlukan strategi penetapan merek yang tepat dan mudah di ingat agar calon anggota atau masyarakat dapat memiliki Brand Awereness (kesadaran merek) yang tinggi terhadap suatu produk pembiayaan dalam PT. BPRS Sarana Prima Mandiri. merek sudah dapat merebut suatu tempat yang tetap di benak konsumen maka akan sulit merek tersebut diganti oleh merek yang lain sehingga meskipun setiap hari konsumen dipenuhi dengan pesan-pesan pemasaran yang berbeda-beda, konsumen akan selalu mengingat merek yang telah dikenal sebelumnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Brand Awereness memiliki peranan penting dalam membantu nasabah untuk melakukan keputusan untuk memilih pembiayaan pada salah satu produk yang ada di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan yaitu produk pembiayaan tabarok .
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness terhadap keputusan nasabah memilih Tabarok di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya Brand Awareness terhadap keputusan nasabah memilih Tabarok di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear sederhana, dan bantuan alat analisis SPSS versi 16. Jenis data yakni data primer. Respondennya 250 nasabah Tabarok di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Isntrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuesioner (angket) pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana menyatakan bahwa Brand Awareness berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hasil analisis uji t diketahui ttabel 1,67022 telah menunjukkan bahwa nilai variabel brand awareness (11,444) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 dalam artian variabel Brand Awareness mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil Adjusted R Square adalah 0,677 atau 67,7% yang berarti bahwa variabel independen (Brand Awareness) mampu menjelaskan variabel dependen (Keputusan Nasabah) sebesar 67,7%. Sedangkan sisanya (100% - 67,7% = 32,3%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain