Text
STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PEMBIAYAAN BAI'AL WAFA DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Suci Afriyanti, 2019. Strategi Personal Selling BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan Pada Program Pembiayaan Bai’ Al Wafa Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah. Skripsi, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Madura.
Kata Kunci : Strategi Personal Selling, Pembiayaan Bai’ Al Wafa
BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan melakukan promosi Personal Selling pada program pembiayaan Bai’ Al Wafa. Dalam promosinya tersebut, pihak BMT Sidogir Cabang Pamekasan melakukan pendekatan secara langsung khususnya tempat stratefgis yang ramai yaitu salah satu sasarannya adalah pasar Bulay Galis dan juga beberapa pertokoan-pertokoan. Alhasil banyak anggota nasabah yang berasal dari lokasi tersebut.
Fokus penelitian yang menjadi pokok dalam penelitian ini. Pertama, strategi Personal Selling dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Kedua, strategi Personal Selling dalam perspektif marketing syariah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah marketing BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, serta anggota nasabah. Dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah pertama, strategi Personal Selling BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan pada Program Pembiayaan Bai’ Al Wafa yaitu marketing melakukan prapendekatan dengan mencari informasi tentang anggota nasabah, melakukan pendekatan dengan beberapa orang yang memnag sudah terlebih dahul dikenal, melakukan presentasi dan demonstrasi cukup, namun sesekali marketing menjelaskan kembali,mengatasi keberatan dengan menjanjikan beberapa fasilitas tanpa menjelekkan kompetitor lain, penutupannya yaitu dengan mengucapkan salam dan bersalaman. Kemudian melakukan tindak lanjut dengan menepati semua yang sudah dijanjikan. Kedua, dapat dikatakan bahwa strategi personal selling dalam perspektif marketing syariah sudah dijalankan dengan sebenar-benarnya sesuai syariat islam dan sistem marketing syariah dimana tanpa merugikan atau meunguntungkan salah satu pihak. Baik yang menyalurkan modal maupun yang membutuhkan modal.
Tidak tersedia versi lain