Text
Strategi Relationship Marketing pada Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan
ABSTRAK
Nur Hayati, 2019, Strategi Relationship Marketing pada Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN MADURA, Pembimbing: Drs. Farahdilla Kutsiyah, S.Pt., MP.
Kata Kunci : Strategi Relationship Marketing, Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB.
Konsep pemasaran menyebutkan bahwa kunci untuk meraih tujuan perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan secara lebih efisien yang diberikan oleh pesaing. Oleh karena itu, suatu perusahaan harus lebih cermat dan memilih strategi pemasaran yang efektif sehingga mencapai apa yang diharapkan pelanggan. Untuk mempertahankan pelanggan yang ada, perusahaan dapat menggunakan strategi hubungan pemasaran (Relationship marketing) yang merupakan suatu pendekatan yang akan membantu perusahaan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan dan perusahaan lain sehingga menganggap relationship marketing sebagai suatu strategi.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah. Pertama: Bagaimana strategi relationship marketing pada produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan. Kedua: Apakah strategi relationship marketing tersebut dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah pada produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu Account Officer Mikro (AOM) dan Nasabah yang melakukan pembiayaan KUR Mikro iB dengan pengambilan informan secara purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, Strategi relationship maketing pada produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Pamekasan Yaitu dengan menggunakan kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik. Relationship maketing berarti menjalin hubungan baik kepada nasabah dalam jangka panjang sehingga diperlukan adanya sebuah kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penangan konflik antara pihak bank dan nasabah terutama pada produk KUR Mikro iB sehingga akan terciptanya nasabah yang loyal dan akan melakukan transaksi berekelanjutan. Kedua, Strategi relationship maketing pada produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Meningkatnya kepuasan nasabah dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah sehingga jumlah nasabah tiap tahunnya meningkat. Sedangkan, meningkatnya loyalitas nasabah dengan memberikan cashback kepada nasabah yang dilakukan setiap enam bulan sekali serta melakukan silaturrahmi kepada nasabah yang loyal.
Tidak tersedia versi lain