Text
STRATEGI ACCOUNT OFFICER UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK MUDHARABAH BERBASIS CASH TEMPO DI PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Noerasiyah, 2019 “Strategi Account Officer untuk Mencegah Terjadinya Pembiayaan Bermasalah pada Produk Mudharabah Berbasis Cash Tempo di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Syukron Affani, M. SI
Kata Kunci: Strategi Account Officer, Mencegah Pembiayaan Bermasalah
PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Salah satu pembiayaan di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan adalah produk mudharabah berbasis cash tempo. Namun dalam kegiatan penyaluran pembiayaan mudharabah berbasis cash tempo tidak dapat dipungkiri memiliki risiko berupa terjadinya pembiayaan bermasalah yakni nasabah yang melakukan tunggakan dalam pengembalian dana pinjamannya. Sehingga diperlukan penanganan dengan cepat oleh pihak bank, khususnya account officer (AO) agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah atau berkelanjutan menjadi kredit macet.
Berdasarkan fenomena tersebut maka ada tiga hal yang di kaji dalam skripsi ini, yaitu: pertama, apa yang dimaksud dengan pembiayaan bermasalah pada produk mudharabah berbasis cash tempo di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kedua, bagaimana strategi account officer untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah pada produk mudharabah berbasis cash tempo di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Ketiga, bagaimana dampak dari strategi yang dilakukan account officer untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Melalui metode tersebut penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: pertama, pembiayaan bermasalah pada produk mudharabah berbasis cash tempo di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan adalah pembiayaan yang mengalami kendala tunggakan pengembalian dana pinjaman yang kualitasnya berada dalam kredit kurang lancar, diragukan dan macet. Kedua, strategi yang dilakukan oleh account officer untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah pada produk mudharabah berbasis cash tempo di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dijalankan secara sistematik baik sebelum dan sesudah terjadinya pembiayaan bermasalah yakni memonitoring nasabah dari awal pengajuan pembiayaan hingga pencairan dengan menggunakan sistem kehati-hatian (prinsip 5C), dan nasabah wajib membawa SPK dan SI. Menggunakan sistem peringatan melalui telepon atau surat peringatan, kekeluargaan, rescheduling (penjadwalan kembali) dan eksekusi jaminan saat terjadi tunggakan. Ketiga, dampak dari strategi yang dilakukan account officer yaitu perputaran uang di SPM menjadi stabil sehingga NPF nya pun menurun, citra dan kinerja SPM bagus, dan nama nasabah juga bagus, sehingga nasabah dapat melakukan pinjaman kembali di SPM maupun di lembaga keuangan lainnya.
Tidak tersedia versi lain