Text
PENGARUHBRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSN NASABAH MEMILIH PRODUK TAUBAH DI PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI (SPM) PAMEKASAN
ABSTRAK
Mohammad Rusdi, 2019, Pengaruh Brand ImageTerhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Taubah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan,Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas EkonomidanBisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr.H. ZainalAbidin, MEI.
Kata Kunci:Brand Image dan Keputusan Nasabah.
BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan membentuk strategi yang tepat untuk menarik minat nasabah untuk menabung. Keputusan untuk memilih menjadi nasabah pada lembaga keuangan tertentu sama dengan keputusan untuk membeli pada konsumen terhadap produk tertentu pula.Nasabah cenderung menjadikan brand image (citra merek) suatu produk jasa bank konvensional sebagai acuan sebelum memutuskan untuk menggunakan produk jasa yang ditawarkan oleh bank syariah.Melalui citra merek yang kuat, maka pelanggan akan memiliki asumsi positif terhadap merek dari produk yang ditawarkan oleh bank syariah.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk menguji pengaruhbrand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk taubah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan dan (2) untuk menguji seberapa besar pengaruh brand image terhadap keputusan nasabah memilih produk taubah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Metode penelitian yang dipergunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana, uji-t, uji determinasi (R2) menggunkan program SPSS 20. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh malalui kuisioner. Respondennya adalah nasabah tabungan produk taubah PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (brand image) terhadap variabel terikat (keputusan nasabah). Hal ini terbukti dari nilai positif uji t dengan thitung 8,104 ˃ ttabel 2,002 serta memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dari hasil uji determinasi (R2) dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada kolom R Square diperoleh sebesar 0.531. hal ini berarti 53,1% variabel Brand Image mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan nasabah memilih produk taubah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain