Text
PERAN MARKETING FUNDING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (STUDI KASUS PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN)
ABSTRAK
Lailatul Mabruroh, 2019, “Peran Marketing Funding dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan)”, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, Pembimbing: Taufikkurrahman, M.H.
Kata Kunci: Marketing Funding dan Nasabah
Sebuah perusahaan sebagai salah satu lembaga keuangan dapat mengembangkan perusahaan dengan meningkatkan jumlah nasabah dan meningkatkan kualitas pemasar dalam menghimpun dana. Dana yang dihimpun merupakan tulang punggung dari dana yang akan dikelola oleh bank untuk menjaga kelangsungan sebuah bank seperti halnya di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Dengan meningkatnya jumlah nasabah secara kuantitas maupun secara kualitas dapat menjadikan PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan mampu bersaing dengan lembaga keuangan yang lain.
Berdasarkan hal tersebut yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pertama Bagaimana peran marketing funding dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kedua, bagaimana efektifitas peran marketing funding dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kasi funding, marketing funding, costumer service dan nasabah PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, marketing funding sangat membantu terhadap kelangsungan PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam mengahadapi persaingan yang sangat tinggi di era globalisasi seperti saat ini, sebab marketing funding adalah tenaga pemasar yang bertugas untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bank kepada masyarakat dan mencari dana dari masyarakat serta berbagai instansi seperti kantor dan sekolah. Karena membawa label syariah, dalam proses penghimpunan dana maupun memasarkan produknya, marketing funding melaksanakannya dengan sistem syariah. Kedua, jumlah nasabah dari tahun 2015 sampai 2017 terjadi peningkatan secara signifikan yaitu, jumlah nasabah yang menabung atas dasar sendiri sebanyak 1086 sedangkan jumlah nasabah yang didapat oleh marketing funding sebanyak 2016 nasabah. Sedangkan target yang diberikan oleh pihak PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yaitu sejumlah 300 juta perbulan, marketing funding sudah dapat berhasil menghimpun dana sejumlah 375 juta sampai 600 juta setiap bulan. Hal ini menunjukkan efektifitas marketing funding dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan sudah efektif.
Tidak tersedia versi lain