Text
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN TANPA AGUNAN DENGAN POLA BAGI HASIL INSYAALLAH BAROKAH (TABAROK) DI PT BPRS SARANA PRIMA MANDIRI KANTOR KAS LARANGAN
Abstrak
Rifki Indina Zulfa, 2019, Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Tanpa Agunan Dengan Pola Bagi Hasil Insyaallah Barokah (TABAROK) Di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Larangan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Madura. Pembimbing: Sakinah, M.E.I.
Kata Kunci: Marketing Mix, Pembiayaan Tabarok, dan Keputusan Nasabah.
PT BPRS SPM Kantor Kas Larangan merupakan lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah. PT BPRS Sarana Prima Mandiri memiliki slogan Bersyariah menuju berkah dengan tujuan agar produk-produk kami bisa memberikan berkah sesuai syariah. Kehadiran Bank Pembiayaan Syariah di wilayah Madura yang religius diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Madura dalam bertransaksi sesuai dengan syariah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix (bauran pemasaran) terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan tanpa agunan dengan pola bagi hasil insyaallah barokah (Tabarok) di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Larangan.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah memilih produk pembiayaan tanpa agunan dengan pola bagi hasil insyaallah barokah (Tabarok) di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Larangan. Kedua, apakah marketing mix mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk pembiayaan tanpa agunan dengan pola bagi hasil insyaallah barokah (Tabarok) di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Larangan.
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah nasabah PT BPRS SPM Kantor Kas Larangan yang berjumlah 79 nasabah. Pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik nonprobabiliti sampling dengan rumus perhitungan menurut Consuelo G. Sevilla. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penelitian menunjukkan bahwa variabel harga (X2), dan orang (X5) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah (Y). sedangkan variabel lainnya seperti produk (X1), tempat (X3), promosi (X4), buktifisik (X6) dan proses (X7) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah (Y). Kedua, dari hasil analisis regresi dengan uji F (secara bersama-sama) menunjukkan Fhitung> Ftabel yaitu sebesar 9,783 > 2,140 dengan taraf signifikan sebesar 0,00% atau 0,000 yang berarti lebih kecil dari standar signifikan yaitu 5% atau 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa marketing mix (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kepurtusan nasabah memilih produk pembiayaan tanpa agunan dengan pla bagi hasil insyaallah barokah (Tabarok) di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Larangan.
Tidak tersedia versi lain