Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN UMUM SYARIAH DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PEMBANTU (CAPEM) PAGENDINGAN
ABSTRAK
Ilham Akbar, 2019, Strategi Pemasaran Produk Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan, Skripsi, Jurusan PBS, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing : Sakinah, M. E. I
Kata Kunci : Startegi, Pemasaran, Tabungan Umum Syariah.
Pemasaran lembaga keuangan/jasa keuangan adalah usaha untuk menciptakan dan melayani permintaan pasar atau nasabah sehingga memperoleh keinginan bagi lembaga keuangan dan masyarakat. Startegi pemasaran syariah merupakan suatu langkah yang harus ditempuh dalam memasarkan produk/jasa lembaga keuangan yang ditujukan pada peningkatan penjualan, peningkatan penjualan tersebut diorientasi pada: produk funding (pengumpulan dana), orientasi pada pelanggan, peningkatan mutu layanan, dan meningkatkan fee based income.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang dijadikan sebagai fokus penelitian, yaitu: pertama, Bagaimana strategi pemasaran Produk Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan; kedua, Faktor-faktor apa saja yang menjadikan Tabungan Umum Syariah banyak diminati oleh anggota BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sumber data yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak kepala cabang dan karyawan dan nasabah BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan, observasi, dokumentasi, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: pertama, strategi pemasaran adalah dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, promosi secara personal selling, meperluas informasi dengan menyebarnya produk tabungan umum syariah dari mulut ke mulut dengan adanya sosialisasi. Strateginya juga dengan melihat peluang lumbung-lumbung uang yang akan menjadi dana yang bisa dikelola oleh pihak BMT, yani dengan cara menganalisa peluang penabung terlama mengendap di perusahaan (uang nasabah yang sekiranya akan mengendap lama di perusahaan). Dengan cara memetakan calon penabung yang lebih diprioritaskan atau paling banyak dicari oleh pihak BMT yakni masyarkat dengan profesi sebagai petani, pedagang-pedagang kecil di pasar, masyarakat secara umum, baru yang terakhir ada;lah pedagang besar yang uangnya tidak pernah mengendap dengan lama di BMT karena tabungannya kebanyakan dibuat modal usaha. Kedua, faktor-faktor yang menjadikan masyarakat tertarik untuk menggunakan produk tabungan umu syariah, dan juga ada faktor pendukung yang menjadikan Tabungan Umum Syariah diketahui dan diminati, diantaranya yaitu: Memeberikan pelayanan yang baik, Lokasi yang mudah dijangkau, Segmen pasar yang relatif luas, Cara membuka tabungan umum syariah yang mudah dan terjangkau, Menerapkan karakter dan etika pemasaran syariah, sistem operasionalnya berbasis Syariah, Para karyawan atau pemasar di BMT mampu meyakinkan masyarakat mengenai Tabungan Umum Syariah dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, dan Tekhnologi yang semakin berkembang.
Tidak tersedia versi lain