Text
STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Zainal Fatah, 2019, Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Sri Handayani, MM
Kata Kunci : Strategi Promosi, Media Sosial, Minat Beli Konsumen
Strategi pemasaran yang sering dilakukan salah satunya ialah promosi. Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, membujuk serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan produk atau jasa yang dihasilkan. Sistem promosi yang viral di era jaman sekarang yaitu melalui media sosial. Para pemilik Online shop menawarkan produk dengan berbagai jenis, dan model yang bervariasi, sehingga para pecinta fashion pun tidak mau ketinggalan dan semakin tertarik dengan kemudahan yang di tawarkan. Penelitian ini terdapat dua hal yang menjadi permasalahan, yaitu: pertama, bagaimana strategi promosi penjualan melalui media sosial yang di lakukan oleh pengusaha bisnis Online di Kabupaten Pamekasan dalam menarik minat beli konsumen; kedua, apa kendala yang dialami pada strategi promosi penjualan melalui media sosial yang di lakukan oleh pengusaha bisnis online di Kabupaten Pamekasan dalam menarik minat beli konsumen. Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama, yaitu: pertama, untuk mengetahui strategi promosi penjualan melalui media social yang di lakukan oleh pengusaha bisnis Online di Kabupaten Pamekasan dalam menarik minat beli konsumen; kedua, untuk mengetahui kendala yang dialami oleh pengusaha bisnis Online di Kabupaten Pamekasan dalam strategi promosi penjualan melalui media sosialuntuk menarik minat beli konsumen.
Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul berupa data primer yang didapat penulis dengan mendatangi langsung objek penelitian untuk memperoleh data dan informasi secara langsung dan data sekunder yang diperoleh bukan dari sumber asli atau pertama, yaitu data yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi serta dari buku, jurnal, artikel, dan media lainnya, kemudian dianalisis untuk mengambil kesimpulannya.
Owner Nyettker, Nyett Decoration, dan Onlinekuyshoppmk menggunakan media sosial instagram dan whatspp dalam promosi dan via pemesanannya setelah tidak menggunakan via BBM lagi. Segmentasi pasar owner Nyettker memiliki stan khusus, Nyett Decoration bekerjasama dengan pihak Hotel Front One, dan Onlinekuyshoppmk meliliki 7 reseller. Target owner semua kalangan dari calon konsumen pecinta kuliner, dekorasi dan fashion. Positioning owner memposting testi dari konsumen untuk menarik calon konsumen. Penghasilan yang didapat owner onlineshop dari konsumen standar cukup tinggi dan meningkat karena promosi yang dikencangkan melalui media sosial Owner Nyettker, Nyett Decoration, dan Onlinekuyshoppmk mengalami kendala yang sama dalam proses promosinya di media sosial yaitu ketika gangguan jaringan atau koneksi akses internet dan kesibukan pribadi.
Tidak tersedia versi lain