Text
PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK Sulastri, 2019. Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK Negeri 1 Pamekasan, disusun oleh Sulastri. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dosen Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M. Pd
Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Mutu Pembelajaran Berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang diperoleh, perbaikan dan pengembangan kurikulum diadakan dan diterapkan oleh SMK Negeri 1 Pamekasan guna untuk mencapai tujuan pendidikan sesuai dengan visi dan misi yang ditetapkan. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Pamekasan melakukan perbaikan-perbaikan dari segi kurikulum sesuai dengan tuntutan masyarakat, kebutuhan dan perkembangan dunia teknologi dan ilmu pengetahuan seperti melakukan pengembangan pada program-program keahlian, program bimbingan sesuai jurusan dan juga meningkatkan kemampuan tenaga pendidik yang profesional, harapannya dengan dilakukannya pengembangan kurikulum tersebut kualitas hasil pendidikan di lembaga tersebut dapat berbicara banyak tidak hanya di kabupaten Pamekasan, akan tetapi juga tingkat propinsi dan nasional. Namun harapan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan, karena kualitas hasil pendidikan yang diharapkan belum mancapai prestasi baik di tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional. Fokus dalam penelitian ini yaitu: a) Langkah-langkah pengembangan kurikulum dalam meningkatan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Pamekasan, b) Hasil pengembangan kurikulum dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru dan siswa SMK Negeri 1 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Langkahlangkah Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatan Mutu Pembelajaran di SMK Negeri 1 Pamekasan yaitu 1) Kepala sekolah dan
4
waka kurikulum merumuskan tujuan pembelajaran 2) Kepala sekolah menganalisis potensi yang ada di sekolah, 3) Kepala sekolah dan waka kurikulum menganalisis peluang dan tantangan yang ada pada dunia kerja, 4) Kepala sekolah dan waka kurikulum menganalisis standar kompetensi lulusan, 5) Kepala sekolah memperhatikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, 6) Kepala sekolah memperhatikan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, 7) Kepala sekolah dan waka kurikulum melakukan evaluasi, 8) Kepala sekolah dan guru merumuskan tujuan pembelajaran, 9) Guru mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, 10) Guru menggunakan metode dan media yang variatif. Kedua, Hasil pengembangan kurikulum dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Pamekasan meliputi 1) Kepala sekolah berupaya memberikan pelayanan proses belajar mengajar yang memudahkan bagi siswa, seperti adanya berbagai bentuk program dan kegiatan serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, 2) Siswa memiliki motivasi dan minat belajar sesuai dengan bakat yang dimilikinya, 3) Siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan digunakannya metode dan media pembelajaran yang variatif, 4) Adanya program ekstrakurikuler dan intrakurikuler yang dilaksanakan secara berkesinambungan, 5) Guru lebih profesional dalam merancang kegiatan belajar mengajar dengan berpedoman pada RPP dan silabus, 6) Guru dapat mengembangkan bakat dan kreatifitas siswa, 7) Meningkatnya prestasi belajar siswa baik pada saat ulangan harian, ulangan semester maupun tugas-tugas secara individu dan kelompok.
Tidak tersedia versi lain