Text
PENGARUH NILAI RELIGIUSITAS DARI ASPEK KEYAKINAN DAN ASPEK KONSEKUENSI TERHADAP POLA KONSUMSI ISLAMI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAIN MADURA
ABSTRAK
Mufarrohah, 2019 “Pengaruh Nilai Religiusitas dari Aspek Keyakinan dan Aspek Konsekuensi Terhadap Pola Konsumsi Islami Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Madura” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisanis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, pembimbing: Dr. H. Nashar. SE., MM., M.Si.
Kata Kunci: Keyakinan religiusitas, Konsekuensi Religiusitas, dan Pola Konsumsi Islam
Islam sedikit banyak sudah mengatur tentang perilaku yang harus dilakukan oleh manusia terutamanya yang sudah dituangkan dalam nilai-nilai religiusitas, termasuk ketika manusia itu akan melakukan sebuah kegiatan konsumsi. Islam sudah memberikan ajaran bagaimana pola konsumsi yang baik agar tidak terjadi sebuah kerugi bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain. IAIN Madura merupakan salah satu Institut agama Islam yang memberikan pembelajaran tentang pola konsumsi yang baik agar sesuai dengan ajaran Islam.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui apakah nilai religiusitas dari aspek keyakinan dan aspek konsekuensi berpengaruh terhadap pola konsumsi Islami, kedua, untuk mengetahui dari nilai religiusitas aspek keyakinan dan aspek konsekuensi manakah yang lebih dominan mempengaruhi pola konsumsi Islami, ketiga, seberapa besar nilai religiusitas dari aspek keyakinan dan aspek konsekuensi dapat mempengaruhi pola konasumIslami.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear berganda, dan menggunakan bantuan alat analisis SPSS 20. Jenis data yakni data primer dan data sekunder responden sebanyak 231 mahasiswa ekonomi syariah di IAIN Madura. Instrumen yang digunakan adalah pengumpulan data yaitu kuesioner (angket) pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa thitung (3, 861) > ttabel (1,9703) dengan nilai signifikan 0,000< 0,05, dalam artian nilai religiusitas dari aspek keyakinan berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa ekonomi syariah IAIN Madura. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwadengan nilai thitung (31,834) > ttabel (1,9703) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, dalam artian nilai religiusitas dari aspek konsekuensi berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi Islami mahasiswa ekonomi syariah IAIN Madura, dan berdasarkan nilai koefisien regresi dari masing-masing variabel independen dan nilai pengujian hipotesis uji t menunjukkan bahwa variabel aspek Konsekuensi merupakan variabel yang paling besar berpengaruh terhadap pola konsumsi Islami. Kedua, hasil uji F memperoleh Fhitung890,473> Ftabel 3,035dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa nilai religiusitas dari aspek keyakinan dan aspek konsekuensi secara simultan berpengaruh terhadap pola konsumsi Islami.Ketiga, berdasarkan nilai koefisien determinasi nilai religiusitas dari aspek keyakinan dan aspek konsekuensi berpengaruh sebesar 88,7% dan 11,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Tidak tersedia versi lain