Text
PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN PRODUK SIMPANAN ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KSPPS BMT NU CABANG MANDING SUMENEP
ABSTRAK
Sitti Fatiatul Karimah, 2019, Pengaruh Pelayanan Pelayanan Prima dan Produk Simpanan Anggota Terhadap Kepuasan Nasabah pada KSPSS BMT NU Cabang Manding Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Syukron Affani, M.Si
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Produk, danKepuasanNasabah
Lembaga perbankan sebagai salah satu jenis perusahaan yang bergerak dibidang jasa juga harus bertahan ditengah ketatnya persaingan. Dalam dunia perbankan, nasabah merupakan elemen yang sangat penting untuk menentukan kesuksesan bank. Nasabah tidak hanya mengukur kualitas bank berdasarkan produk-produk yang ditawarkan, melainkan seberapa bagus pelayanan yang diberikan kepada nasabah
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: pertama, apakah pelayanan prima dan produk simpanan anggota berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada KSPPS BMT NU Cabang Manding Sumenep ? kedua, seberapa besar pengaruh pelayanan prima dan produk simpanan anggota terhadap kepuasan nasabah pada KSPPS BMT NU Cabang Manding Sumenep..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional, dengan teknik analisis regresi linear berganda, dan bantuan alat SPSS versi 20. Jenis data yakni data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah simpanan anggota di KSPPS BMT NU Cabang Manding Sumenep yang berjumlah 1.222. Sampel penelitian ini menggunakan metode acidental sampling yang ditentukan dengan rumus slovin pada tingkat kesalahan 10% dengan Responden 92 nasabah di KSPPS BMT NU Cabang Manding Sumenep. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuisioner (angket) dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama, dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 35,758 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, sehingga keputusannya adalah variabel X (pelayanan prima dan produk simpanan anggota) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah pada KSPPS BMT NU Cabang Manding Sumenep. Kedua, Variabel pelayanan prima (X1) diperoleh thitung sebesar 0,912 dengan taraf sig. 0,364. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,364> 0,05 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan prima secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada KSPPS BMT NU Cabang Manding Sumenep. Variabel produk (X2) diperoleh thitung sebesar 8,447 dengan taraf sig. 0,000. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel produk secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada KSPPS BMT NU Cabang Manding Sumenep.
Tidak tersedia versi lain