Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI PERBANKAN SYARIAH IAIN MADURA)
ABSTRAK
Nurul Hidayati, 2019, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Madura) Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Lely Shofa Imama, M.S.I
Kata Kunci: Kebudayaan, Persepsi, Motivasi, sikap dan Keputusan Menjadi Nasabah
Pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa perusahaan merupakan domain dari perilaku konsumen. Terdapat banyak pengaruh yang mendasari konsumen untuk menggunakan jasa perusahaan. Beberapa faktor diantaranya yaitu kebudayaan, persepsi, motivasi dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kebudayaan, persepsi, motivasi, dan sikap terhadap keputusan menjadi nasabah serta menganalisis ada tidaknya pengaruh secara simultan dan menganalisis variabel yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu hasil penyebaran kuesioner (angket) yang disebarkan kepada responden. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat analisis SPSS versi 20. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 91 responden dari 95 responden yang disebarkan kepada mahasiswa prodi perbankan syariah IAIN dengan pengambilan sampel Accidental Sampling dan penetuan sampel menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu kuesioner, pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi dan motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah, sedangkan variabel kebudayaan dan sikap berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil Uji-t variabel kebudayaan (X1) menunjukkan bahwa t tabel 1,663 hal ini menunjukkan bahwa thitung 841 < ttabel 1,663 dan taraf signifikan sebesar 0,403 > 0,05, variabel persepsi (X2) menunjukkan bahwa t tabel 1,663 hal ini menunjukkan bahwa thitung 2,914 > ttabel 1,663 dan taraf signifikan sebesar 0,005 < 0,05, motivasi (X3) menunjukkan bahwa t tabel 1,663 hal ini menunjukkan bahwa thitung 1,761 > ttabel 1,663 dan taraf signifikan sebesar 0,082 < 0,05, dan sikap (X4) menunjukkan bahwa t tabel 1,663 hal ini menunjukkan bahwa thitung 1,497 < ttabel 1,663 dan taraf signifikan sebesar 0,138 > 0,05. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 12,022 dengan tingkat signifikan 0,000 (lebih kecil dari signifikan 0,10), sedangkan nilai Ftabel sebesar 2,01. Hal ini berarti nilai Fhitung 12,022 > 2,01 dan taraf signifikan 0,000
Tidak tersedia versi lain