Text
IMPLEMENTASI METODE TABARAKDALAM PEMBELAJARANTAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ANAK USIADINIDI PAUD HIDAYATUT THULLABDESA BAPELLE KECAMATAN ROBATAL KABUPATEN SAMPANG
ABSTRAK
Siti Mawaddatur Rohmah, 2019, Impelementasi Metode Tabarak Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di PAUD Hidayatut Thullab Desa Bapelle Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hj. S. Sumihatul Ummah MS.M.Pd
Kata Kunci:MetodeTabarak, Tahfidz Al-Qur’an, AnakUsiaDini
Pendidikan anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan yaitu tujuanpendidikannasionalpadadasarnyaadalahmencetakgenerasimanusia yang berimandanbertaqwakepadaTuhan yang MahaEsa. Salah satucara yang dapatdilakukanadalahdenganmemperkenalkan Al-Qur’an padaanaksejakusiadini.Menghafal Al-Qur’an merupakan keistimewaan dan kelebihan buat seorang Muslim.Markaz Tabarak merupakan program pembelajaran yang bertujuan untuk menjadikan anak-anak menghafal Al-Qur’an pada usia kecil dengan megarahkan mereka agar menjadi generasi yang bermanfaat bagi diri mereka, masyarakat, dan Negara.
Fokus penelitian ini adalahbagaimana implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’anpada anak usia dini di PAUD Hidayatut Thullab, Desa Bapelle Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang,kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’an pada anak usia dini, dan cara mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’anpada anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperolehmelelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi, informennya yang dianggapmenguasaibidang yang ditelitioleh peneliti adalah kepala sekolah, dangurukelas.Sedangkanpengecekankeabsahan data melauiketekunandantriangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’an pada anak usia dini di PAUD Hidayatut Thullabpenerapannya dimulai dari surah an-Naba’ dari Juz ‘amma dengan urutan sesuai urutan di mushaf, bukan dimulai dari surah-surah pendek seperti pada umumnya. Metode yang digunakanadalahdenganmetodetalqinberulang-ulanghingga 20 kali setiapharinya. Setelahmentalqin, mendengarkanbacaanayattersebutdarirekaman CD para qari’ terkenal, yakni al-Hushari, al-Minshawy, as-Sudaisdanasy-Syuraim. Hinggaanak khatam Juz ‘Ammaselamaenamsampaitujuhbulan. (2) kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’an pada anak usia dini adalah Minimnya waktu dalam proses belajar mengajar dan Kurangnya media pembelajaran.(3) cara mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode tabarak dalam pembelajaran tahfid Al-Qur’anpada anak usia dini guru mengoptimalkan waktu yang tersedia agar proses KBM lebih efektif dan efisien, dan melengkapi media yang dibutuhkan dalam mengajar agar guru lebih mudah dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan.
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr. Wb.
Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat, Hidayah, dan Ridlo-Nya sehingga penelitian yang penulis lakukan berjalan dengan lancar dan hasil karya berupa skripsi ini bisa terwujud secara nyata dan realistis.
Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan seluruh keluargannya, dan para sahabatnya, yang telah membawa ummatnya dari alam kebodohan menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Penulis menyadariakankemampuanpenulis yang sangatterbatassehinggadalampenyusunanskripsiinimembutuhkanbantuandariberbagaipihak. Olehkarenaitu, dalamkesempataninipenulisinginmenyampaikanucapanterimakasihkepada:
1. Dr. H. Muhammad Kosim, M.AgselakuRektorInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
2. Dr. H. Atiqullah, S. Ag., M. PdselakuKetuaJurusanTarbiyahInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
3. Hj. S. Sumihatul Ummah MS.M.PdselakuKetua Program StudiPendidikan Islam AnakUsiaDiniInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.
4. Hj. S. Sumihatul Ummah MS.M.PdselakuDosenPembimbing yang telahmendidik, membimbingdanmengarahkanpenulisdalammenyelesaikanskripsiini.
5. SeluruhDosenInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. yangtelahmemberikanilmupengetahuannyakepadapenulis.
6. Hj. Aprina Levy Wulandari, Lc, ME selaku KepalaPAUD HidayatutThullabdansegenapdewan guru yang telahbanyakmembantusertameluangkanwaktunyamemberiidzinkepadapenulisuntukmelakukanpenelitian.
Tidak tersedia versi lain