Text
IMPLEMENTASI MEDIA KARTU GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QU’AN PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-QUR’AN MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sundari, 2019, Implementasi Media Kartu Gambar Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing, Dr. H. Moh. Muchlis Sholichin, M.Ag.
Kata Kunci: Media Kartu Gambar, Baca Tulis AL-Qur’an
Ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama bagaimana cara menerapkan media kartu gambar dalam pembelajaran baca tulis AL-Qur’an di TK AL-Qur’an matsaratul huda panempan pamekasan? kedua Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan yang menjadi penghambat dalam Penerapan Media kartu Gambar dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?
Adapun tujuan pokok yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Cara Menerapkan Media kartu Gambar dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, Untuk mengetahui Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan yang menjadi penghambat dalam Penerapan Media kartu Gambar dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru TK AL-Qur’an Matsaratul Huda. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan. Triangulasi dan uraian rinci. Selanjutnya data yang telah di dapat diolah dan dianalisis secara non statistik melalui teknik analisa data sebagai berikut: 1. Ada beberapa cara dalam menerapkan media kartu gambar dalam pembelajaran baca tulis AL-Qur’an diantaranya: mengenalkan huruf hijaiyah dengan menggunakan kartu gambar, memberikan permainan huruf, dan juga nyanyian nyanyian. dengan begitu mempermudah dan cepat di ingat oleh anak dalam pembelajaran baca tulis AL-Qur’an. 2. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan media kartu gambar dalam pembelajaran baca tulis AL-Qu’an diantaranya: faktor pendukung yaitu memotivasi anak, memberikan pujian pujian, juga memberikan hadiah, dan IQ murid, sedangkan faktor penghambat yaitu kurang dukungan dari orang tua, dan juga kurang fasihnya dalam membaca atau menulis.
Tidak tersedia versi lain