Text
ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ASPEK SOSIO EMOSIONAL ANAK DI TK DHARMA WANITA TLANAKAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Rofikatul Mukarromah, 2019, Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Aspek Sosio Emosional Anak Di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi PIAUD, Jurusan Tarbiyah, Dosen Pembimbing: Nina Khayatul Virdyna, M.Pd
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Sosio Emosional Anak
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apakah jenis evaluasi pembelajaran sosio emosional anak di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan. (2) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran sosio emosional anak di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan.(3) bagaimana peran guru dalam evaluasi pembelajaran sosio emosional anak di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan. Dan (4) Apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi evaluasipembelajaran di TK Dharma Wanita Tlanakan 1 Pamekasan.
Sedangkantujuandaripenelitianiniyaitu:(1) Untukmengetahuijenisevaluasipembelajaransosio emosionalanak di TK Dharma WanitaTlanakan 1 Pamekasan, (2) Untukmengetahuievaluasipembelajaransosioemosionalanak di TK Dharma WanitaTlanakan 1 Pamekasan, (3) Untukmengetahuiperan guru dalamevaluasipembelajaransosioemosionalanak di TK Dharma WanitaTlanakan, (4) Untukmengetahui faktor-faktor yang mempengaruhievaluasipembelajaran di TK Dharma WanitaTlanakan 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitudengancara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, Wali murid dan masyarakat.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang pengamatan, ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasildari penelitian Menunjukkan Bahwa: (1)jenisevaluasipembelajaranbaikformatifdansumatifsangatpenting di lakukankarenadapatmengetahuitumbuhkembanganakusiadinibaikdalamaspek 6 bidangpengetahuandiantaranyanilainorma agama,kognitif, bahasa, fisikmotorik, sosioemosionaldanseni. Sehinggadapatmenghasilkannilaiatau data evaluasiperkembanganpadasetiapanak.(2)teknik evaluasi pembelajaran dalampendidikananakusiadinisangat di perlukanbaiktertulismaupunlisankarenadapatberpengaruhdayaingatanak, kemampuandalamberpikiranak, motorikhalusdankasarpadatekniktersebutanakakanmerasakanperasaangembira, lucudanmengasikkansehinggaanakmudahmerangsangdayapikirnyadengantekniktersebutmakaanakbisamengetahuidanmemahamiapa yang di sampaikanoleh guru. (3)peran guru dalampendidikananakusiadini, yaitu guru menjadiperanutamaatau orang tuadi sekolahuntukmengajari, membimbing, mengarahkan. Guru jugasebagaimotivator supaya guru dapatmemberikangambaranatauperumpamaan yang nyata agar anakmempunyaikeinginan yang besaruntukbisamenggapaicita-cita, guru sebagaipenyemanga, agar anakdapatsemangatbelajarnyabahkan guru menjadi role model supayaanakdapatmenirucaraberpakaian yang baik,rapi, dansopankarenahalinidapatberpengaruhdalam sosio emosional anak baikdisiplin, tertib, danberakhlakulkarimah.(4)faktor yang mempengaruhi perkembangan sosio emosional pada anakyaitu : suasana yang tidak kondusif dan tidak menyenangkan, alat permainan edukatif di dalam kelas maupun di luar kelas, alat peraga, dan sarana dan prasana yang sangat memadai. Sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar. Lingkungan keluarga juga bisa mempengaruhi perkembangan anak bahkan pembawaan atau keturunan dari orang tua.
Tidak tersedia versi lain