Text
THE USE OF WORD CLAP GAME IN TEACHING VOCABULARY AT THE EIGHTH GRADE OF MTs RAUDLATUL ISLAM SOKOBANAH SAMPANG
ABSTRAK
Shahibul Ali, 2019, PenggunaanStrategi Word Clap GamedalamMengajar Vocabulary padakelas VIII di MTs Raudlatul Islam SokobanahSampang, Skripsi, Program StudiBahasaInggris (TBI), JurusanTarbiyah, Institut Islam Negeri (IAIN) Madura.PembimbingAfifahRaihany, M.Pd.
KeyWords : Word Clap Game, Teaching Vocabuary
Bahasainggrisadalahbahasa yang menjadibahasainternasional di dunia. Olehkarenaitu, perludipahamidanuntukdapatberkomunikasimenggunakanbahasa. Yang paling pentingdalammenciptakanbahasaadalahmemilikibanyak vocabulary untukdapatberkomunikasidenganbaik. Kosa kata adalahsalahsatukomponenbahasa yang sangatpenting di sampingkomponenlainnyadanjugaperanutamadalampenguasaanbahasaseseorang. Itubisamenjadisulitketikasiswabelajarkosa kata. Salah satupemecahandalammasalahiniadalahdenganmenggunakanstrategidalammengajarkosa kata. Strateginyaadalah word clap game yang digunakan guru untukmengajarkosa kata, darihasilobservasi di MTs Raudlatul Islam SokobanahSampang. Strategiini di pilih guru yang membuatmurid-muridmudahuntukmenghafal, senang, danmenikmatidalammengajarkosa kata.
Ada tigamacampenelitianberfokusdalampenelitianini: pertama, Bagaimana guru menggunakan word clap game dalammengajarkosa kata padasiswakelas VIII di MTs Raudlatul Islam SokobanahSampang, kedua, Apasajakeuntungan guru menggunakan word clap game dalammengajarkosa kata padasiswakelas VIII di MTs Raudlatul Islam SokobanahSampang, danketiga, Apasajakerugian guru menggunakan word clap game dalammengajarkosa kata padasiswakelas VIII di MTs Raudlatul Islam SokobanahSampang.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanmenggunakanpenelitiandeskriptifsebagaijenispenelitiankarenapenelitianiniakanmengarahpadastrategi word clap game yang digunakan guru dalammengajarkosa kata. Dalammengumpulkan data, penelitimenggunakannon partisipasiobservasi, jeniswawancara yang digunakanolehpenelitiadalahwawancaraterstrukturdandokumentasi.
Berdasarkanhasilobservasi, dokumentasidanwawancara yang digunakanmetodemenulisterbimbingdalammengajarkosa kata padasiswakelas VIII di MTs Raudlatul Islam SokobanahSampangdenganmenggunakan 3 bagian: pre-teaching, whilst-teaching and post teaching, dankeuntungansertakerugian word clap game dalammengajarkosa kataadalahbergunauntuk guru bahasainggrisdansiswakarenabisamembuat proses belajarmengajardalammenyebutkankosa kata menjadimenyenangkan. Penelitijugaberharapsetelahmenggunakanpembelajarandenganstrategiword clap gamesiswabisameningkatkankemampuankosa kata mereka. Dan kerugianmetodeinisiswamerasabosan, karenapermainaninimenghabiskanbanyakwaktudalamsatukegiatandanjugajika guru hanyamemerintahkansiswauntukmenghafalbeberapakosa kata.
Akhirnya, Strategiword clap game sangatefektifuntuk guru dansiswaterutamadalampengajarankosa kata. Ituditunjukkandenganresponsiswa yang sangatbaikmelaluipenggunaanstrategi word clap game, penelitianinidiharapkandapatbermanfaatbagipembacadanpenelitiselanjutnya.Penelitipercayabahwaskripsiinimasihjauhdarisempurnasehinggapenelitiakanmenerima saran yang baikdankritik yang membangununtukmembuatskripsiinisempurna. Penelitijugaberharapbahwaskripsiakanbergunadanberkontribusibeberapahal yang berhargauntukpenelitisendiridansemuapembacaumum.
Tidak tersedia versi lain