Text
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DI BMT NU CABANG LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Yuni Amalia, 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Tabungan Terhadap Minat Nasabah Menabung di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Fatati Nuryana, M.Si.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat nasabah
Strategi pemasaran merupakan suatu rencana yang fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran merupakan usaha yang dilakukan oleh suatu lembaga untuk menginformasikan produk-produknya agar dikenal dan dimiliki oleh masyarakat banyak demi meningkatnya produk-produk di lembaga tersebut khususnya produk tabungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : pertama,Adakah pengaruh Strategi pemasaran Produk Tabungan Terhadap Minat Nasabah Menabung di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep; kedua, seberapa besar pengaruhStrategi pemasaran Produk Tabungan Terhadap Minat Nasabah Menabung di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep, ketiga, variabel manakah yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap Minat Nasabah Menabung di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear berganda yang bertujuan untuk mengukur kekuatan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya, jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner, populasi yang digunakan yaitu infinitepopulation dan prosedur pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran (yang terdiri dari produk dan promosi) mempunyai pengaruh terhadap minat nasabah menabung. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil pengujian simultan (F) menunjukkan bahwa besarnya nilai Fhitung (33,329) > Ftabel(3,09) dengan signifikan 0,000 ttabel1,66140, hal ini berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Dalam uji determinasi atau R2sebesar 0,418 atau 41,8% Sedangkan sisanya (100% - 41,8% = 58,2%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini, dengan persamaan Y = 3,469 + 0,423 produk + 0,199 promosi + e sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah menabung khususnya di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep adalah variabel produk, alasanya karena variabel produk memiliki nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,423 jika dibandingkan dengan promosi. Jumlah skor kriterium variabel produk (X1) adalah 82% maka dikatakan sangat kuat, sedangkan variabel promosi (X2) adalah 87% maka dikatakan sangat kuat, dan pada skor kriterium variabel Y (minat nasabah menabung) adalah 79% maka dikatakan kuat.
Tidak tersedia versi lain