Text
STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT INFAQ SHADAQAH (ZIS) PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) PAMEKASAN
ABSTRAK
Eka Putri, 2019, Strategi Fundraising Dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Pada Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZISMU) Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing H. Mohammad Bashri Asy’ari, MA.
Kata Kunci : Strategi, Fundraising, Dana Zakat, Infaq dan Shadaqah, LAZISMU
Strategi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh sebuah lembaga, organisasi maupun perusahaan untuk mencapai visi, misi dan tujuannya. Fundraisingdapatdiartikansebagaikegiatandalamrangkamempengaruhi masyarakat baikindividu,kelompok,organisasi,perusahaan, ataupun pemerintah agar menyalurkan dananya kepada sebuah organisasi. Dan inti dari fundraising adalah menawarkan program unggulan, bukan meminta sumbangan dana.Strategifundraisingmenghasilkansebuahanalisismengenaifaktorinternaldaneksternalorganisasiyangmenentukanapayangakanditawarkanataudijualolehorganisasi atau lembaga,sertakepadasiapa yangakandijual. Strategi fundraising diperlukan oleh organisasi pelayanan sosial dalam melakukan kegiatan fundraising untuk menciptakan cara penggalangan dana yang berbeda agar memudahkan para donatur yang ingin berdonasi. Berbagai tekhnik dan metode yang dilakukan oleh organisasi dan pelayanan sosial untuk menciptakan strategi fundraising yang efektif untuk menarik simpatisan para donatur.
Dalam penelitian ini, rumusan masalahnya adalah bagaimana strategi fundraising dalam menggalang dana zakat, infaq dan shadaqah (zis) LAZISMU Pamekasan, dan bagaimana LAZISMU Pamekasan dalam meningkatkan dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) yang tiap tahunnya agar tidak mengalami fluktuatif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi fundraising dana zakat, infaq dan shadaqah (zis) yang digunakan LAZISMU Pamekasan, serta apa yang dilakukan LAZISMU Pamekasan dalam meningkatkan dana zakat, infaq dan shadaqah (zis) agar tidak mengalami fluktuatif.
Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan informan manajer, badan pengurus dan pihak fundraising di LAZISMU Pamekasan. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi strategi Fundraising yang digunakan oleh LAZISMU Pamekasan yakni dengan konsep dan perencanaan yang matang yang terdiri dari mengenal kondisi internal dan eksternal sumber daya insani (SDI), mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan, menyusun visi, misi fundraising, memberdayakan SDI. Dan implementasi strategi fundraising yang digunakan oleh LAZISMU Pamekasan yakni dengan beberapa metode seperti metode fundraising langsung (face to face dan sebaginya), dan metode fundraising tidak langsung(direct mail, special event, dan campaign). Dan LAZISMU Pamekasan melakukan evaluasi dan inovasi-inovasi guna untuk memeperbaiki LAZISMU Pamekasan agar lebih berkembang kedepannya.
Tidak tersedia versi lain