Text
THE IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING APPROACH IN BUILDING STUDENTS’ CRITICAL THINKING IN ENGLISH LEARNING AT EIGHTH GRADE OF MTS AL-DJUFRI AENG PENAY BLUMBUNGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Hairul anwar, 2019. The Implementation of Discovery Learning Approach in Building Students’ Critical Thinking in English Learning at Eighth Grade of MTs al-Djufri Aeng Penay Blumbungan Pamekasan. Undergraduate,Thesis,English Teaching Learning Program (TBI), The state Islamic Institute (IAIN) of Madura
Penasihat: Mulyadi, S.S,.M.Pd.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Penemuan, Berpikir Kritis, Pembelajaran Bahasa Inggris.
Discovery learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif melalui kehidupan belajar mereka, dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui aktifitas kelas. Guru yang menggunakan model pembelajaran ini dapat membantu kemandirian dan keterampilan berpikir kritis siswa. disini Ada dua fokus penelitian yang peneliti lakukan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah bagaimana guru bahasa inggris mengimplimentasikan pendekatan pembelajaran penemuan dalam pembelajaran bahasa inggris di MTs Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan Pamekasan, dan yang kedua adalah keterampilan berpikir kritis apakah yang dikembangkan oleh pendekatan pembelajaran penemuan dalam pembelajaran bahasa inggris.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan empat teknik, yaitu: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data. Adapun Informan dari penelitian ini adalah guru bahasa inggris di MTs. Al-djufri Aeng Penay Blumbungan Pamekasan dan siswa MTs. Al-djufri Aeng Penay Blumbungan Pamekasan.
Berdasarkan hasil penelitian, guru bahasa inggris telah mengimplimentasikan pendekatan pembelajaran penemuan dengan enam fase diantaranya; stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan (generalisasi). Kemudian keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dalam model pembelajaran penemuan (discovery) adalah berpikir deduktif, berpikir induktif, dan berpikir evaluatif.
Berdasarkan hasil di atas, disarankan bagi guru bahasa inggris untuk mematangkan persiapan pembelajaran baik fasilitas yang dibutuhkan dan lebih kriatif dalam merakayasa masalah yang dihadapkan pada siswa supaya dapat memotivasinya lebih antusias dan skeptis selama dalam proses pembelajaran.
ABSTRAK
Hairulanwar, 2019.The Implementation of DiscoveryLearning Approach in BuildingStudents’ CriticalThinking in English Learning at EighthGrade of MTs Al-DjufriAengPenayBlumbunganPamekasan. Undergraduate,Thesis,English Teaching Learning Program (TBI), The state Islamic Institute (IAIN) of Madura
Advisor: Mulyadi, S.S,.M.Pd.
Kata Kunci:DiscoveryLearning Approach, Critical thinking, English Learning.
Discovery learning is a learning approach that can make involved students actively through their learning lives, can improve critical thinking skills through class activities, Teachers who use this learning model can help students’ independence and critical thinking skills. here There are two focuses of the research that the researchers conducted in this study. The first is how English teachers implements the discovery learning approach at MTs Al. Djufri Aeng Penay Blumbungan Pamekasan, and the second is what critical thinking skills are developed by the discovery learning approach in English learning.
This study uses a qualitative approach.Andthe type of research used by researchers is descriptive qualitative. In collecting data, researchers used three techniques, namely observation, interview and documentation technique and data analysis. The informants are English teacher at MTs. Al-djufriAengPenayBlumbunganPamekasan and students of MTs. Al-djufriAengPenayBlumbunganPamekasan.
Based on the results of research, English teachershave implemented a discovery learning approach with six phases including stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, generalizations (draw conclusion), then critical thinking skills developed in the discovery discovery learning approach are deductive thinking, inductive thinking, and evaluative thinking.
Based on the results above, it is recommended for English teachers tofinalize the learning preparation both facilities needed and more creative in engineering problem faced to students in order to motivate them to be more enthusiastic and skeptical in the learning process.
Tidak tersedia versi lain