Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA KEUANGAN TERHADAP PERILAKU NASABAH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) BHAKTI SUMEKAR KANTOR PUSAT SUMENEP
ABSTRAK
Muhammad Syarifuddin Shaleh, 2019, Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Keuangan terhadap Perilaku Nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa Keuangan, Perilaku Nasabah
Lembaga keuangan terus berakselerasi di Indonesia baik lembaga keuangan bank maupun non bank. Untuk mencapai tujuan dari lembaga keuangan tersebut, haruslah merencanakan dan mengaplikasikan manajemen pemasaran seefektif mungkin. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep merupakan salah satu lembaga keuangan yang mengalami peningkatan nasabah secara pesat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah nasabah diduga karena perilaku nasabah yang baik sehingga membentuk yang namanya kepuasan dan loyalitas nasabah. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep dari segi produk yaitu Tabungan Barokah dengan prinsip wadi’ah (titipan) dan berbasis syariah yang memberikan kemudahan bagi nasabah dengan setoran awal dan saldo minimal Rp 10.000 serta bebas biaya administrasi dan memberikan service yang baik dengan menyediakan minuman gratis untuk nasabah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh strategi bauran pemasaran jasa terhadap perilaku nasabah dan variabel apa (produk, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) yang paling berpengaruh terhadap perilaku nasabah.
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan sampling insidential serta penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin pada tingkat kesalahan 5%. Teknik analisa adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 131,661 > Ftabel sebesar 3,86 yang berarti menerima hipotesis ada pengaruh signifikan antara strategi bauran pemasaran (produk, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) terhadap perilaku nasabah. Sedangkan hasil uji parsial diperoleh Thitung produk, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process berturut-turut 4,820, 8,810, 5,769, 5,086, 3,975, 10,739, dan 8,790 yang lebih besar dari Ttabel sebesar 1,649 yang berarti secara parsial dinyatakan signifikan. Sehingga Physical Evidence (bukti fisik) merupakan variabel paling dominan berpengaruh terhadap perilaku nasabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep.
Tidak tersedia versi lain