Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGGUNAAN PRODUK TABAH (TABUNGAN MUDLARABAH) DI KSPP SYARIAH BMT NUANSA UMAT CABANG BLUTO
ABSTRAK
Sejuk Afida, 2019, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah dalam Penggunaan Produk Tabah (Tabungan Mudlarabah) di KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Cabang Bluto, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Abdul Mukti Thabrani, M. HI.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Nasabah
Setiap perusahaan pasti membutuhkan strategi pemasaran untuk memperoleh konsumen, sama halnya dengan KSPP Syariah BMT NU Cabang Bluto agar mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya melalui besarnya kepercayaan dari masyarakat untuk menggunakan tabungan mudlarabah dengan menggunakan strategi pemasaran yang baik yaitu strategi bauran pemasaran. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah apakah variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat/lokasi dan promosi) berpengaruh terhadap keputusan nasabah, manakah diantara variable X tersebut yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah, seberapa kuat pengaruh variable X tersebut terhadap keputusan nasabah dalam penggunan tabungan mudlarabah.
Bauran pemasaran merupakan kombinasi dari beberapa variabel (produk, harga, tempat/lokasi dan promosi) yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam bidang pemasarannya untuk mempengaruhi reaksi para konsumen. Sedangkan keputusan nasabah merupakan proses memilih alternatif cara bertindak sesuai situasi dengan kepentingan tertentu dan dianggap paling menguntungkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT NU Cabang Bluto yang menggunakan produk tabungan mudlarabah dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 2.238 > nilai t tabel 1,668, dan taraf signifikansi sebesar 0,029 < 0,05, harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 0.286 < nilai t tabel 1,668, dan taraf signifikansi sebesar 0,776 > 0,05, tempat/lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 2.345 > nilai t tabel 1,668, dan taraf signifikansi sebesar 0,022 < 0,05, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 2.744 > nilai t tabel 1,668, dan taraf signifikansi sebesar 0,008 < 0,05. Keempat variabel diatas secara bersama-sama dapat mempengaruhi terhadap keputusan nasabah dengan memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung sebesar 7,478 > nilai F tabel 2,36, dan keputusan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, tempat/lokasi dan promosi sebesar 31,5%, dan sisanya sebesar 68,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain