Text
STRATEGI MARKETING PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PENDIDIKAN FATHONAH (SIDIK FATHONAH) DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG PROPPO
ABSTRAK
JUMAANI, 2019, Strategi Marketing Produk Tabungan Simpanan Pendidikan (Sidik Fathonah) Di KSPPS. BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah (PBS), Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Fatati Nuryana, M.Si.
Kata Kunci: Strategi Marketing, Produk, Simpanan Pendidikan Fathonah (Sidik Fatonah)
Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi menjadi pola fikir masyarakat mulai berkembang dan berubah sehingga keberadaan lembaga keuangan sekarang mulai mendapat perhatian perhatian yang cukup serius bagi semua pihak. Salah satunya adalah keberadaan KSPPS. BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo yang merupakan lembaga keuangan non bank dengan menggunakan prinsip syariah yang mempunyai tugas pokok menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman dan pembiayaan kepada masyarakat berdasarkan prinsip syariah dalam KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo ini haruslah memiliki strategi marketing khusus dalam menghadapi persaingan antara lembaga keuangan lainnya sehingga produk yang dihasilkan bisa laku dipasaran.
Berdasarkan pemasaran diatas, maka fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana strategi marketing produk simpanan pendidikan fathonah (Sidik Fathonah) yang digunakan KSPSS. BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriftif. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diambil melalui tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang mana informannya terdiri dari karyawan dan anggota BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapata disimpulkan sebagai berikut: strategi marketing yang digunakan yaitu strategi marketing mix oleh BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo dalam memasarkan produk shidiq fathonah yang berdasarkan akad mudharabah Mutlaqah yaitu melalui elemen-elemen yang ada dalam marketing mix yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, physical advice, dan process atau yang biasa disebut dengan 7P. dalam Product, Price, Place, Promotion, People, physical advice, dan process (7P). tersebut strategi marketing yang digunakan yaitu product dan promotiont Dengan dilakukannya bauran pemasaran yang tepat maka bisa mempengaruhi masyarakat dan menarik minat untuk menjadi anggota di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk simpanan pendidikan fathonah (Shidiq Fathonah) yaitu kurangnya SDM, sulit dalam menyakinkan masyarakat untuk menabung, dan adanya pesaing lain. Berdasarkan hasil data menyatakan bahwa BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo dalam menerapkan strategi marketing mix telah berhasil dan berjalan cukup optimal
Tidak tersedia versi lain