Text
IMPLEMENTASI STRATEGI COACHING DALAM PENINGKATAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN DI KUALITA PENDIDIKAN INDONESIA (KPI) SURABAYA
ABSTRAK
Sarifudin, 2019, Implementasi Strategi Coaching dalam Peningkatan Kualitas Kinerja Karyawan di Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya. Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Coaching, Kinerja Karyawan.
Salah satu strategi untuk dapat melakukan pemecahan masalah adalah dengan memaksimalkan kemampuan supervisi oleh supervisor kepada ba- wahannya, yaitu salah satunya dengan praktik Coaching. Karena Coaching adalah usaha untuk meningkatkan kemampuan individu untuk menetapkan dan mencapai tujuan, meningkatkan hubungan interpersonal, menangani konflik ataupun menunjukkan gaya kepemimpinan tertentu. Coaching juga merupakan intervensi jangka pendek yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja dan mengembangkan suatu kompetensi tertentu.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Implementasi Strategi Coaching Dalam Peningkatan Kualitas Kinerja Karyawan di KPI Surabaya; Kedua, Apa Saja Faktor Penghambat/Kendala Implementasi Strategi Coaching dalam peningkatan kualitas kinerja karyawan di KPI Surabaya; Ketiga, Bagaimana Gambaran Keberhasilan Implementasi Strategi Coaching Dalam Peningkatan Kualitas Kinerja Karyawan di KPI Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah, General Manajer Otorisasi, Manajer Otorisasi, Manajer SIP dan Staf/karyawan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajengan pengamatan dan triangulasai.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, imlementasi strategi Coaching yaitu strategi coaching dilaksanakan pada awal pekan dan di akhir pekan. Biasanya satu kali dalam satu pekan. Pelaksanaan Coaching itu sendiri dilakukan di kantor dan biasanya yang meng Coaching itu atasannya, dan yang di Coaching adalah bawahannya atau stafnya masing-masing. Kedua, Faktor Penghambat/Kendala Implementasi Strategi Coaching dalam peningkatan kualitas kinerja karyawan di KPI Surabaya yaitu Kendala dalam implementasi strategi Coaching yang menjadi kendala dalam pelaksanaan Coaching itu sendiri yaitu waktu yang terlalu padat pada masing-masing manajer dan staf disebabkan kesibukan tugas pelatihan diluar kota sehingga hal tersebut menjadi kendala untuk melakukan pelaksanaan coaching tersebut. Ketiga, Gambaran Keberhasilan Implementasi Strategi Coaching Dalam Peningkatan Kualitas Kinerja Karyawan di KPI Surabaya yaitu gambaran keberhasilan implementasi Coaching yaitu ada dua, yang pertama dari segi ukuran kinerja staf dari setiap bagian yaitu setiap karyawan memiliki job disc dan didalam job disc itu ada Key Perfome Indikators (KPI’s) dan target yang harus diselesaikan.
Tidak tersedia versi lain