Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KSPPS BMT NU CABANG PASEAN JAWA TIMUR
ABSTRAK
Durriyatul Jannah, 2019, Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Pada KSPPS BMT NU Cabang Pasean Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: H. Mohammad Bashri Asy’ari, MA
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah
KSPPS BMT NU Cabang Pasean Jawa Timur sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan akan produk jasa. Dalam melakukan pemasaran lembaga keuangan memiliki beberapa tujuan yaitu memperkenalkan dan mempertahankan produk dalam rangka menghadapi persaingan antar lembaga keuangan lainnya.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pertama Bagaimana Strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT NU Cabang Pasean Jawa Timur. Kedua Bagaimana efektivitas strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT NU Cabang Pasean Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, dana ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Pasean Jawa Timur dalam menerapkan strategi dengan menggunakan (Segmentasi, Targeting, Positioning). Produk yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan lembaga keuangan lainnya, dari segi harga tidak membebani biaya administrasi dan ujrah nya sesuai dengan harga pinjaman, lokasi yang mudah dijangkau, dan promosi dilakukan dengan cara (penyebaran brosur, media sosial, pendekatan dan silaturrahmi). Efektivitas startegi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT NU Cabang Pasean Jawa Timur yaitu sudah efektif dilihat dari banyaknya pengguna yang menjadi mitra atau nasabah di BMT NU Cabang pasean menunjukkan ada peningkatan kinerja atau peningkatan jumlah mitra dari awal berdirinya KSPPS BMT NU Cabang Pasean Jawa Timur yaitu pada awal tahun 2016 yang hanya berjumlah 227 orang hingga pada tahun 2017 meningkat menjadi 1.049 orang dan pada tahun 2018 terus bertambah dan mengalami peningkatan yang sangat pesat menjadi 1.641 orang, karena mampu meningkatkan perolehan jumlah mitra dalam setiap satunnya.
Tidak tersedia versi lain