Text
PENERAPAN ETIKA BISNIS DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI TOKO BASMALAH DHARMA CAMPLONG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
ABSTRAK
Wahyuni. 2019. “Penerapan Etika Bisnis Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Toko Basmalah Dharma Camplong Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura, Pembimbing:Dr. H. Zainal Abidin, MEI
Kata kunci: Penerapan Etika Bisnis, Dalam Meningkatkan, Loyalitas Pelanggan
Era globalisasi dan modernisasi zaman yang semakin maju, perekonomian merupakan hal yang paling urgen bagi setiap manusia, untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap harinya, islam memperbolehkan sesorang untuk berbisnis seperti jual beli, namun bagaimana seharusnya seorang muslim berusaha dalam dunia bisnis agar mendapatkan berkah dari Allah SWT di dunia maupun di akhirat. Islam tidak membiarkan begitu saja seseorang bekerja sesuka hati untuk mencapai keinginannya dengan cara menghalalkan segala cara seperti melakukan kecurangan, sumpah palsu, riba, suap menyuap dan perbuatan batil lainnya. Perilaku seperti ini dapat menyebabkan terjadinya kezaliman dalam masyarakat. perilaku dalam berbisnis atau berdagang juga tidak luput dari adanya etika bisnis. Perusahaan yang memegang teguh etika bisnis dan nilai-nilai moral dalam menjalankan usahanya akan menciptakan konsumen yang loyal. Untuk itu dengan adanya etika dalam dunia berbisnis, Toko Basmalah Dharma Camplong akan menerapkan etika bisnis di uasahanya untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.
Fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, tentang Bagaimana penerapan etika bisnis dalam perspektif ekonomi islam di Toko Basmalah Dharma Camplong. Kedua, Bagaimana Loyalitas pelanggan di Toko Basmalah Dharma Camplong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informen yang diambil adalah Kepengurusan dari Toko Basmalah dan Konsumen Toko Basmalah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisi kegiatan dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis di Toko Basmalah sudah sesuai dengan etika bisnis islam, akad yang digunakan islami meskipun modelnya modern, dengan menerapkan etika pemasaran dalam islam, hal itu sesuai dengan psrepektif ekonomi islam. Seperti bagaimana cara melayani yang baik dan tentunya sopan, seperti yang diterapkan didalam ajaran agama islam, rasa tanggung jawab, sikap jujur dengan menyampaikan seperti apa yang terlihat, berperilaku adil kepada semua pelanggan. Hal itu sudah dirasakan oleh pelanggan, salah satunya memberikan barang yang bagus, harga yang terjangkau, pelayanan yang baik,sehingga pelanggan menjadi loyal, peningkatan loyalitas pelanggan di Toko Basmalah sudah meningkat.
Tidak tersedia versi lain