Text
PENGARUH TRUST IN BRAND DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FRESHCARE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN MADURA
ABSTRAK
Istiqomah, 2019 Pengaruh Trust In Brand danPromositerhadap Keputusan Pembelian Produk FreshCare pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura. Skripsi, Program Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing: Lely Shofa Imama M.S.I
Kata Kunci: Trust In Brand, Promosi, Keputusan Pembelian
Kehidupan masyarakat yang semakin meningkat, yang berakibat kebutuhan masyarakat terhadap suatu barang. Hal ini membawa pengaruh terhadap perilakunya dengan memilih barang yang akandibeli ataupun yang dianggap paling sesuai dan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dunia bisnis yang semakin global pada saat ini memunculkan persaingan yang semakin ketat antara tiap perusahaan.Tiap perusahaan untuk saling memenangkan produknya dapat diterima oleh konsumen.Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang memproduksi produk tertentu dengan menitikberatkan kepada kepercayaan dan rasa aman konsumen. Perusahaan juga akan melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan berbagai macam strategi seperti melakukan promosi atau melakukan berbagai macam inovasi produk demi memperkenalkan dan menjual produknya didaerah-daerah yang belum dijangkau.
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk menganalisis pengaruh trust in brand terhadap keputusan pembelian Produk FreshCare pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura. Kedua, untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian Produk FreshCare pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura. Ketiga, untuk menganalisis pengaruh trust in brand dan promosi terhadap keputusan pembelian Produk FreshCare pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisisnya regresi linier berganda, dan alat bantu SPSS versi 20, sedangkan teknik pengambilan sampel purposive sampling, teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Adapun variabel yang diteliti yaitu trust in brand dan promosi sebagai variabel bebas sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel terikat.
Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang menyatakan bahwa ada pengaruh trust in brand terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa trust in brand mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Promosi menyatakan bahwa ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa 0,004 < 0,05. Artinya promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis pada uji F didapatkan hasil dengan tingkat signifikan sebesar 0.000 (< 0,05), thitung>ttabel 2,957 > 1,661. Sehingga keputusannya adalah variabel independen (trust in brand dan promosi) secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk freshcare pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura.
Tidak tersedia versi lain