Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDI MISBAHUS SHUDUR BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Kholil Arifin, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Generative Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDI Misbahus Shudur Blumbungan Larangan Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Nor Hasan, M.Ag
Kata Kunci: Model Pembelajaran Generatif Learning, Minat Belajar Siswa, PAI.
Model pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar. Penerapan model pembelajaran yang baik dapat membuat proses belajar menyenangkan dan meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI yaitu dengan penerapan Model Pembelajaran Generative Learning.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok yaitu: Pertama, Bagaimanakah penerapan model pembelajaran generative learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDI Misbahus Shudur Blumbungan Larangan Pamekasan?. Kedua, Bagaimanakah minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan penerapan model pembelajaran generative learning di SDI Misbahus Shudur Blumbungan Larangan Pamekasan?. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran generative learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDI Misbahus Shudur Blumbungan Larangan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan sebagian siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, uraian rinci dan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model pembelajaran ini, guru di SDI Misbahus Shudur Blumbungan Larangan Pamekasan dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Kegiatan pendahuluan : Apersepsi dan motivasi , 2. kegiatan inti : Eksplorasi, Elaborasi, konfirmasi, 3. Penutup Kedua, minat belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Generative Learning dalam Mata Pelajaran PAI dapat dikatakan meningkat dengan cara membuat materi yang akan dipelajari semenarik mungkin. Ketiga, faktor pendukung penerapan model ini karena adanya minat belajar dan keaktifan belajar sedangkan faktor penghambatnya karena minimnya sarana dan prasarana dan minimnya alokasi waktu belajar.
Agar minat belajar siswa tumbuh dengan baik dalam proses belajar mengajar maka guru diharapkan menggunakan dan menerapkan model pembelajaran yang cocok bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tidak tersedia versi lain