PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI SHALAT DHUHUR BERJAMAAH UNTUK MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PAMEKASAN

ACHMAD BUDIANTO - Nama Orang;

ABSTRAK
Achmad Budianto, 2019, Implementasi Shalat Dhuhur Berjamaah untuk Membentuk Akhlak Siswa di MAN 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun, M.Ag.

Kata kunci : Shalat Dhuhur Berjamaah, Membentuk Akhlak.

Shalat dhuhur berjamaah merupakan suatu kegiatan yang diwajibkan dan diharapkan bisa membentuk akhlak siswa menjadi lebih baik lagi. Tujuannya adalah agar siswa menjadi manusia yang memiliki kepedulian terhadap orang lain dan memiliki akhlak yang baik, dalam artian siswa mengikuti dan menaati aturan atau kaidah-kaidah yang berlaku.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah untuk membentuk Akhlak Siswa di MAN 2 Pamekasan; Kedua, Nilai-nilai apa saja yang diperoleh dalam pelaksanaan Shalat dhuhur berjamaah untuk membentuk Akhlak siswa di MAN 2 Pamekasan; Ketiga, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat dzuhur berjamah untuk membentuk Akhlak Siswa di MAN 2 Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru agama dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah tidak terlaksana secara serentak yang di laksanakan secara bertahap. Kedua, nilai-nilai yang diperoleh dari pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah diantaranya, nilai sosial dan nilai pribadi. Ketiga, faktor pendukung dari pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah yaitu, Memiliki masjid sendiri, Ada dukungan dari semua guru termasuk kepala sekolah, dan Masjid senantiasa bersih. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, Diberlakukannya kurikulum 2013, Kapasitas dan fasilitas masjid yang kurang mendukung, Masjid yang ada diluar sekolah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 112O19055 Ach I
112O19055
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112O19055 Ach I
Penerbit
Pamekasan : ., 2019
Deskripsi Fisik
21 X 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2019
Info Detail Spesifik
55
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?