Text
HUBUNGAN ANTARA HAFALAN AL-QUR'AN DENGAN PRESTAS BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH
ABSTRAK
Hayimi Utsman, 2019, Hubungan Antara Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Dosen Pembimbing: Dr. H. Mohammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Hafalan Al-Qur’an, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan bagi seorang guru sebagai pendidik yang bertanggung jawab mencetak generasi yang bisa hafal al-qur’an dan berprestasi dalam belajarnya, sebab tidak semua anak didik mempunyai minat untuk menghafalkan al-qur’an, karena kurangnya motivasi dari dalam dirinya dan juga dari luar dirinya. Maka di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan ini, hafalan al-qur’an sudah menjadi program unggulan yang disajikan kepada siswa secara bertahap mulai dari kelas VII sampai kelas IX, dengan tujuan agar siswa dapat meningkatkan kecerdasan spiritual mereka dan berprestasi lebih baik.
Ada dua rumusan masalah yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Adakah hubungan antara hafalan al-qur’an dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan?, 2) Seberapa besar hubungan antara hafalan al-qur’an dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Semua data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik product moment pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Hubungan antara Hafalan Al-qur’an dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan adalah berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan memperhatikan tabel harga kritik dari “r” product moment diperoleh N = 26 dengan taraf signifikan 95% = 0,388 dan taraf signifikan 99% = 0,496 ternyata “r” 0,631 > 0,388 dan 0,631 > 0,496, berarti dapat disimpulkan bahwa antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan mempunyai hubungan atau nilai r signifikan Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian maka hipotesis Ha yang diajukan berbunyi terdapat hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan dapat “diterima”. 2) Besarnya hubungan antara hafalan al-qur’an dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan ditunjukkan dengan hasil perhitungan tabel interpretasi nilai r yang diperoleh, yang diketahui bahwa nilai r = 0,631 berada pada rentetan angka antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi korelasi yang cukup. Dengan demikian maka rumusan masalah yang kedua sudah terjawab, yakni antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan mempunyai hubungan, dan tingkat hubungannya berada dilevel interpretasi “cukup”
Tidak tersedia versi lain