Text
IMPLEMENTASI STANDAR KINERJA PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH SUMBER GAYAM KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Mutmainnah, 2019, Implementasi Standar Kinerja Pendidik Di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, Skripsi, Jurusan MPI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata kunci: standar kinerja, pendidik, dan standar kinerja pendidik.
Standar kinerja penddik merupakan suatu rumusan perencanaan yang perlu dijadikan acuan serta dilaksanakan oleh seorang guru guna mengembangkan serta meningkatkan kualitas kerja sehingga tercipta tujuan pembelajaran dan pendidikan yang lebih efektif dan produktif.
Ada empat fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) penerapan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah Sumber Gayam Kdur Pamekasan, (2) seperti apa gambaran ketercapaian penerapan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, (3) Faktor pendukug keberhasilan penerapan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan, (4) faktor penghambat tercapainya penerapan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif karena data yang diambil berupa kata-kata bukan angka melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Informannya, kepala sekolah, waka kurikulum, dan Kepala TU yang masing-masing juga menjabat sebagai guru. Kemudian informan lainnya adalah siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) penerapan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah meliputi, kode etik guru, kompetensi guru yang disesuaikan dengan norma kepesantrenan dengan melibatkan semua guru serta adanya pantauan langsung dari kepala sekolah yang dibantu oleh adanya guru piket dan lainnya. (2) pelaksanaan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah sudah bisa dikatakan berhasil, dengan adanya beberapa perubahan yang makin membaik seperti kompetensi guru yang semakin terasah, kesiapan mengajar guru, serta perkembangan antusiasme belajar siswa yang semakin membaik baik dikelas atau pun diluar kelas. Hal tersebut juga dapat dilihat dari kinerja guru yang sesuai dengan standar yang berlaku, serta kesesuaian standar yang berlaku dengan hasil yang dicapai. (3) faktor pendukung ketercapaian penerapan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah meliputi kompetensi guru, sarana prasarana yang memadai serta dana yang turut membantu dalam pengembangan kinerja guru serta keberlangsungan kinerja guru dalam bertugas. (4) faktor yang menghambat tercapainya pelaksanaan standar kinerja pendidik di MA Al-Falah meliputi waktu yang terkendala baik karena bentrok dengan jadwal aktif pesantren atau pun jadwal kelas akhir yang berdampak pada kelas lainnya, faktor lainnya adalah kepribadian guru diantaranya kompetensi dan keaktifan guru. Juga fasilitas dan dana. Dalam menyikapinya MA mengikutkan pelatihan guru secara bergantian, pengadaan iuran siswa serta menuntut kreatifitas guru dalam mengambil jalan alternatif untuk mengatasi beberapa fasiltas belajar yang kurang memadai.
Tidak tersedia versi lain