Text
THE IMPLEMENTATION OF MODELING TECHNIQUE IN TEACHING VOCABULARY AT SECOND GRADE OF KINDERGARTEN PKK AR-RAODAH SENTOL PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Hurriyyatul Lathifah, 2019, implementasi tekhnik model dalam mengajar kosa kata di kelas B Taman Kanak-Kanak PKK AR-Raodah SEntol, Pademawu, Pamekasan, Tesis, Fakulatas Tarbiyah, Program Studi bahasa Inggris (TB), Institu Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing:Nina Khayatul Virdyna, M.Pd.
Kata Kunci: kosa kata, tekhnik model
Kosa kata adalah satu kelas lexeme, termasuk kata tunggal, gabungan kata dan idiom. Pembelajaran kosa kata adalah target bahasa yang digunakan oleh orang untuk berbicara, selain itu kosa kata adalah dasar untuk mengembangkan bahasa yang akan menciptakan komunikasi.
Ada tiga masalah dalam penelitian ini. Pertama bagaimana penerapan tekhnik model dalam pembelajaran kosa kata. Kedua apa manfaat-manfaat tekhnik model dalam pembelajaran kosa kata. Ketiga apa kerugian-kerugian dari tekhnik model dalam pembelajaran kosa kata.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena ini akan mendeskripsikan bagaimana penerapan tekhnik model dalam pembelajaran kosa kata untuk kelas B di Taman Kanak-Kanak PKK Ar-Raodah Sentol, Pademawu, Pamekasan, untuk mengetahui manfaat-manfaat dan kerugian-kerugian tekhnik model dalam pembelajaran kosa kata
Hasil Penelitain ini menunjukkan bahwa penerapan tekhnik model dalam pembelajaran kosa kata guru menggunakan beberapa langkah: pertama guru menjelaskan kosa kata dengan menunjukan media yang diperagakan atau menggunakan gerak tubuh, kemudian mengulang-ngulang kosa kata dan meminta siswa menirukan setelah guru mengulangnya. Ini bisa dikatakan sukses karna guru telah menerapkan teknnik model berjalan dengan baik. Manfaat tekhnik model yaitu membantu guru menjelaskan kosa kata dengan mudah, membuat siswa lebih tertarik untuk belajar kosa kata, aktif dan merasa nyaman dalam proses belajar mengajar, dan lebih mudah untuk memahami kosa kata. Kerugiaanya yaitu guru harus sabar untuk mengulang-ngulang kosa kata sampai siswa bisa mengucapkan kosa kata dengan benar, dan mgurangi kreatifitas siswa dalam berpikir
Akhirnya berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tekhnik model dalam pembelajaran kosa kata mempunyai keuntungan dan juga kerugian dalam proses belajar dan mengajar khususnya dalam pembelajaran koosoaa kata.
Tidak tersedia versi lain