Text
ANALYSIS OF CODE SWITCHING USED IN WHATSAPP GROUP OF THE FIFTH SEMESTER OF TBI STUDENTS AT IAIN MADURA
ABSTRAK
Sarifatul Jannah, 2019, Analisis Alih Kode yang Digunakan dalam Grup Whatsapp pada Semester lima siswa TBI di IAIN Madura. Thesis, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI), State Islamic Institute of (IAIN) Madura. Pembimbing: Afifah Raihany, M.Pd.
Key words: Alih Kode, whatsapp.
Pemahaman siswa sangat penting dalam proses percakapan ketika mereka mengobrol satu sama lain. Penggunaan lebih dari satu bahasa dalam obrolan kelompok dapat membantu siswa memahami tentang pernyataan seseorang. Mereka dapat menggunakan bahasa yang berbeda misalnya bahasa Indonesia. Menggunakan bahasa Inggris penuh ketika siswa dalam obrolan berkelompok menjadi tidak nyaman. Ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pernyataan lain dari siswa lain. Tetapi dalam obrolan grup seperti whatsapp yang terdiri dari pelajar bahasa Inggris ada siswa yang suka menggunakan lebih dari satu bahasa ketika mereka berbicara dalam kelompok. Jadi siswa lain merasa lebih mudah dalam memahami pernyataan. Dengan fenomena di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian “Analisis Alih Kode yang Digunakan dalam Grup Whatsapp pada Semester lima siswa TBI di IAIN Madura.”
Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui apakah penggunaan lebih dari satu bahasa dalam obrolan kelompok pada whatsapp terutama konsep alih kode adalah salah satu cara untuk membuat siswa lebih mudah memahami pernyataan seseorang dalam bahasa yang berbeda. Sehingga, peneliti di sini melakukan penelitian yang berfokus pada "Apa jenis alih kode yang digunakan pada obrolan grup di whatsApp untuk siswa semester lima di IAIN Madura," "Bagaimana siswa semester lima menggunakan pengalihan kode pada obrolan grup di whatsApp di IAIN Madura, ”dan“ Yang mana dari tipe alih kode yang sering digunakan pada obrolan grup di WhatsApp untuk siswa semester kelima di IAIN Madura. ”
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini akan memfokuskan terutama pada analisis penggunaan alih kode yang digunakan oleh siswa di semester lima IAIN Madura. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan observasi siswa dalam obrolan kelompok dan juga, peneliti melakukan wawancara dengan siswa program pembelajaran pengajaran bahasa Inggris IAIN Madura.
Hasilnya, peneliti menemukan beberapa penggunaan alih kode dalam whatsapp ketika para siswa mengobrol satu sama lain dari jenis dan tujuan yang berbeda. Peneliti menemukan tigapuluh satu data, sembilan data pengalihan kode tag, empat belas data pengalihan kode antar-sentensial, dan delapan data pengalihan kode intra-sentensial.
Peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh pembaca dan peneliti selanjutnya sebagai referensi.
Tidak tersedia versi lain