Text
THE EFFECT OF DISCOVERY METHOD IN ENGLISH SUBJECT AT ELEVENTH GRADE IN SMKN 2 PAMEKASAN
ABSTRACT
Andika Suhardiyanto, 2019, The Effect Of Discovery Method in English Subject at Eleventh Grade in SMKN 2 Pamekasan 2019-2020. Undergraduate, thesis, English Teaching Learning Program (TBI), Tarbiyah Faculty, The State of Islamic Institute (IAIN) of Madura, Advisor: Abd. Ghofur M.Pd.
Keywords: English Subject (Speaking Skill), Discovery Method
Speaking is one of skill in language, speaking is tool of communication to can interact each other. To deliver the process teaching especially in speaking, the teacher need a method to make easy the teaching learning process. There are many of method which used in speaking skill, one of them is discovery method. Many students cannot understand English easily, so this is why students find it difficult to speak. This method of discovery can make students better at speaking skills, because students immediately talk casually to show how to do something.
This research has two research problem that are: the first, Does the use of the discovery method have an effect on students in English subject at eleventh grade in SMKN 2 Pamekasan. The second, How far is the significant influence of the discovery method on students in English subject at eleventh grade in SMKN 2 Pamekasan.
In this study, the researcher use quantitative research design. While kind of research is experimental design. Because the researcher want to know the effect of using discovery method in English subject at eleventh grade in SMKN 2 Pamekasan. The researcher use statistical formula to calculate the result of the data.
The result of the research shows that there is no effect in speaking skill taught by discovery method. It was proved by the effect of students score in pre-test and post-test. Based on the value of pre-test and post-test, the researcher got t0: and it is lower than tt: 2,05 with significance 5%. So, it is mean that the hypothesis is rejected there is no effect for students in English subject at eleventh grade of SMKN 2 Pamekasan
ABSTRAK
Andika Suhardiyanto, 2019, Pengaruh Metode Penemuan dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas Sebelas di SMKN 2 Pamekasan 2019-2020. Sarjana, tesis, Program Pembelajaran Bahasa Inggris (TBI), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Abd. Ghofur M.Pd.
Kata Kunci: Pelajaran Bahasa Inggris (Kemampuan Berbicara), Metode Penemuan
Berbicara adalah salah satu kemampuan dalam berbahasa, berbicara adalah alat untuk komunikasi untuk bisa berinteraksi antar sesama. Untuk menyampaikan proses pembelajaran khususnya berbicara, guru membutuhkan sebuah metode untuk memudahkan proses belajar mengajar. Ada banyak teknik yang digunakan untuk kemampuan berbicara, salah satunya adalah metode penemuan. Banyak siswa yang tidak memahami pelajaran bahasa inggris secara mudah, sehingga hal ini menjadi penyebab siswa sulit untuk berbicara. Metode penemuan ini bisa membuat murid lebih baik dalam kemampuan berbicara, karena murid langsung berbicara sambil lalu menunjukkan cara untuk melakukan sesuatu.
Penelitian ini memiliki dua perumusan masalah di antaranya: pertama, apakah penggunaan metode penemuan ada pengaruh pada siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris di kelas sebelas di SMKN 2 Pamekasan. Yang kedua, seberapa jauh pengaruh signifikan dari metode penemuan pada siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris di kelas sebelas di SMKN 2 Pamekasan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian Quantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian percobaan. Karena peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan metode penemuan pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas sebelas di SMKN 2 Pamekasan. Peneliti menggunakan rumus statistik untuk menghitung hasil data
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dalam kemampuan berbicara dengan melalui metode penemuan. Ini di buktikan oleh efek dari nilai siswa dalam pre-test dan post-test. Berdasarkan nilai pre-test dan post-test, peneliti mendapatkan t0: 0,968 dan lebih rendah dari tt: 2,05 dengan signifikansi 5%. Jadi, ini berarti bahwa hipotesis ditolak tidak ada efek bagi siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris di kelas sebelas SMKN 2 Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain