Text
UPAYA GURU FIQIH DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF BAGI SISWA KELAS V DI MI RIYADATUL MUBTADIIN KLOMPANG BARAT PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Mohammad Rudiyanto, 2019, upaya guru fiqih dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif bagi siswa kelas V di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Zainol Hasan, M, Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru Fiqih, Iklim Kelas
Upaya guru dalam proses belajar mengajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar yang baik dapat membuat proses belajar mengajar menyenangkan dan kondusif. Salah satu cara dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif pada pembelajaran fiqih yaitu dengan melakukan sebuah usaha dalam mencapai suatu pelajaran di kelas.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana upaya guru fiqih dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif bagi siswa kelas V di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan?., kedua, Apa saja faktor-faktor terciptanya iklim kelas yang kondusif bagi siswa kelas V di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan?., ketiga, Bagaimana gambaran keberhasilan penciptaan iklim kelas yang kondusif oleh guru fiqih bagi siswa kelas V di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan?
.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif fenomenologis dikarenakan data yang di ambil berupa kata- kata bukan angka. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru fiqih, siswa/ siswi kelas V MI Riyadatul Mubtadiin. Analisis data berupa cheking (pengecekan), organizing (pengorganisasian), dan coding (pemberian code), sedangkan pengecekan keabsahan data berupa perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Upaya guru fiqih dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif bagi siswa kelas V di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan dengan cara,1). Menjadi guru yang menyenangkan 2). Metode/model yang bervariasi dan 3). Mendesain kelas agar nyaman. Kedua, faktor-faktor terciptanya iklim kelas yang kondusif bagi siswa kelas V di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan dengan cara, 1). Pendekatan pembelajaran berorientasi pada bagaimana siswa belajar dan 2). penghargaan guru terhadap siswa aktif (reward). Ketiga, gambaran keberhasilan penciptaan iklim kelas yang kondusif oleh guru fiqih bagi siswa kelas V di MI Riyadatul Mubtadiin Klompang Barat Pakong Pamekasan meliputi; 1).Hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dan 2). Adanya kedisiplinan dalam beribadah.
Tidak tersedia versi lain