Text
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MTS AL-FURQON TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Nor Imamah Indriyani, 2019, Kompetensi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Di MTs Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M. Pd.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru yang tidak bisa memberikan pemahaman yang baik tentang materi kepada siswa dan tidak melakukan pembaharuan pembelajaran baik dari segi metode, strategi, media yang monoton sehingga tidak menarik perhatian siswa dalam proses transfer ilmu pengetahuan, akibatnya guru belum sepenuhnya berhasil dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di dalam kelas yang mengakibatkan suasana kelas menjadi tidak kondusif serta kurangnya efektivitas belajar siswa sehingga guru perlu melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan dan penyelesaian dari masalah tersebut. Ada tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, 1) Bagaimana kompetensi guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan?, 2) Bagaimana kompetensi guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MTs Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan?, 3) Bagaimana upaya mata pelajaran Akidah Akhlak mengembangkan kompetensinya dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MTs Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kompetensi guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan yaitu: kompetensi pedagogik guru memiliki wawasan keilmuan yang luas dengan penyampaian indikator sebelum pembelajaran berlangsung, kompetensi kepribadian guru dapat dijadikan suri tauladan yang baik, kompetensi sosial guru dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat sekolah, dan kompetensi profesional guru mampu menguasai bahan ajar sebelum disampaikan kepada siswa. Kedua, kompetensi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MTs Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan yaitu: kompetensi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas telah dilakukan dan diterapkan, tetapi tidak semua kompetensi guru dipakai dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, kompetensi guru yang dipakai pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah kompetensi pedagogik dan profesional. Ketiga, upaya guru mata pelajaran Akidah Akhlak mengembangkan kompetensinya dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MTs Al-Furqon Tanjung Pademawu Pamekasan yaitu: 1) upaya mengembangkan dengan cara bertukar pikiran atau diskusi dengan dewan guru dalam bentuk formal maupun diskusi secara personal yang tidak formal, 2) memberikan pembekalan dan memberikan masukan dari program-program yang telah terencana.
Tidak tersedia versi lain