Text
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MA MATSARATUL HUDA KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Rifki, 2019, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Keberhasilan Pembelajaran Fikih di MA Matsaratul Huda Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Keberhasilan Pembelajaran
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini, pertama: kompetensi pedagogik guru dapat mempengaruhi terhadap keberhasilan pembelajaran fikih di MA Matsaratul Huda Kabupaten Pamekasan. Kedua: salah satu yang mempengaruhi terhadap keberhasilan pembelajaran siswa adalah kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru fikih di MA Matsaratul Kabupaten Huda Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik bersifat deskriptif korelasional yaitu mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y. Yang termasuk variabel X adalah pengaruh kompetensi pedagogik guru, sedangkan variabel Y adalah keberhasilan pembelajaran fikih.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 41 siswa, kelas XI berjumlah 50 siswa, dan kelas XII berjumlah 51 siswa. Dengan pertimbangan besarnya subjek, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel (sebagian dari populasi yang diambil secara representatif atau mewakili populasi yang bersangkutan atau bagian kecil yang diamati). Pengambilan oleh peneliti dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling adalah pengambilan subjek dari setiap kelas ditentukan secara acak atau sebanding dengan banyaknya subjek dalam masing-masing kelas. Ada pun besar sampel yang akan diteliti sebesar 35% dari masing-masing jumlah siswa tiap-tiap tingkatan kelas. Setelah dihitung jumlah seluruh siswa dari kelas X sampai kelas XII baik IPA maupun IPS dengan dikalikan 35% maka sampel penelitian kelas X IPA berjumlah 8 siswa, kelas X IPS 7 siswa, kelas XI IPA berjumlah 11 siswa, kelas XI IPS berjumlah 6 siswa, kelas XII IPA berjumlah 8 siswa, dan kelas XII IPS berjumlah 1 siswa. Jadi Sampel penelitian ini adalah 50 orang siswa yang terdiri dari kelas X sebanyak 15 siswa, kelas XII sebanyak 17 siswa dan XII sebanyak 19 siswa pada jurusan IPA dan IPS MA Matsaratul Huda Kabupaten Pamekasan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap keberhasilan pembelajaran fikih di MA Matsaratul Huda Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti bahwa nilai “r” kerja 0,538 lebih besar dari pada nilai “r” tabel product moment baik taraf signifikansi 5% = 0,279 maupun pada taraf signifikansi 1% = 0,361. Sedangkan besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap keberhasilan pembelajaran fikih di MA Matsaratul Huda Kabupaten Pamekasan adalah signifikansi dengan artian cukup. Hal tersebut dapat diketahui karena nilai “r” kerja sebesar 0,538 bila dikonsultasikan pada tabel interpretasi product moment berada di antara 0,40 sampai dengan 0,599 dengan interpretasi cukup, dapat diartikan kompetensi pedagogik guru dalam mengajar berpengaruh cukup terhadap keberhasilan pembelajaran fikih.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka kepada Bapak/Ibu guru untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogik guru agar membuahkan hasil yang maksimal dalam keberhasilan pembelajaran fikih di MA Matsaratul kabupaten Huda Pamekasan. Kepada semua siswa yang telah tercantum dalam penelitian ini agar selalu meningkatkan semangat dan minat belajar agar mendapatkan hasil belajar yang baik.
Tidak tersedia versi lain