Text
PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RABBANI (Studi Kasus Konsumen Toko Rabbani Cabang Pamekasan)
ABSTRAK
SitiMutmainnah,2019. PengaruhSegmentasiPasarTerhadapKeputusanPembelianProdukRabbaniStudiKasusKonsumenRabbaniCabangPamekasan. Skripsi, JurusanEkonomidanBisnis Islam, Program StudiEkonomiSyariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, DosenPembimbing H. WadhanM,Si.
Kata Kunci: SegmentasiPasar, SegmentasiGeografis, SegmentasiDemografis, SegmentasiPsikografis, SegmentasiPerilaku, KeputusanPembelian.
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhStrategiSegmentasiPasarterhadapKeputusanPembelianProdukRabbani.PopulasidalampenelitiantersebutyaituseluruhkonsumenprodukRabbaniyang pernahmelakukanpembelian minimal satu kali, yang jumlahnyasekitar 2.520 konsumenperbulan.Jumlahsampel yang digunakansebanyak 50 respondenberdasarkanteori Roscoe.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodekuesioneratauangket.
Persamaanregresi linier bergandamenghasilkanpersamaanY = 0,135 – 0,112X1 + 0,107 X2 + 0,624X3 + 0,135 X4. HasilpenelitianinimenemukanbahwavariabelSegmentasiPasarsecarasimultanberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkeputusanpembelian.Berdasarkanhasilujikoefisiendeterminasinilai R2ialah 0,486 atau 48,6%. Hal ini berarti sebesar 48,6% kemampuan model regresi pada penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen,sedangkansisanya 51,4% dipengaruhiolehvariabel lain di luarpenelitianini.
Variabelsegmentasiperilakumemberikanpengaruh yang paling besardansignifikanterhadapkeputusanpembelianprodukRabbani.SegmentasiPerilakumemilikinilaikoefisien yang bernilai 0,624.HasilestimasivariabelSegmentasiPerilakusebesarnilai t = 3,726 yang berartiSegmentasiPerilakuberpengaruhpositifterhadapKeputusanPembeliandengannilaisignifikansebesar 0,001 lebihkecildari 0,005. Sehinggahipotesis yang diajukan Ha diterima, yang berartivariabelSegmentasiPerilakuberpengaruhpositifdansignifikanterhadapKeputusanPembelian.
Tidak tersedia versi lain