Text
PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII MTS NAHDLATUN NASYIIN BATU BINTANG BATU MARMAR PAMEKASAN
ABSTRAK
Samhaji, 2018 “Penggunaan Strategi Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan. Skripsi, Program Studi Ilmu Pengethuan Sosial, Jurusan tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Abd. Ghofur, M. Pd.
Kata kunci : strategi pembeljaran mandiri dan prestasi belajar siswa
Kondisi faktual yang terjadi dilapangan, dalam proses belajar mengajar, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centred). Siswa tidak banyak memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, tidak dapat berfikir kritis. Guru menjadi satu-satunya ujung tombak dan menjadi pengendali kegiatan proses belajar mengajar, sehingga siswa menjadi siswa yang pasif. Pembelajaran seperti itu seharusnya sudah ditinggalkan dan buutuh sebuah strategi yang dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa yaitu strategi pembelajaran mandiri. Strategi belajar mandiri merupakan kondisi aktivitas belajar yang mandiri tidak tergantung orang lain, memiliki kemampuan, serta bertanggung jawab sendiri dalam menyelesaikan masalah belajarnya. Akan tetapi terkadang masih banyak permasalahan yang terjadi dilapangan seperti minimnya pengetahuan guru keterbatasan sumber belajar, alokasi waktu yang ditentukan serta motivasi belajar siswa yang lemah.
Fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimanakah guru menggunakan strategi pembelajaran mandiri dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan ? Faktor faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat penggunaan strategi pembelajaran mandiri oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis diskriftif dengan instrumen yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara yang berkenaan dengan penggunaan strategi pembelajaran mandiri.
Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan strategi pembelajaran mandiri mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran dimulai dengan penetapan tujuan pembelajaran dan menetapkan langkah-langkah untuk menetapkan tujuan pelajaraan tersebut. Selanjutnya guru membimbing siswa untuk membuat rencana dengan baik, memberi kesempatan mengajukan pertanyaan, mengumpulkan dan menganalisis informasi, serta merangsang berfikir kritis siswa. Guru bertindak sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan selanjutnya siswa bekerja secara mandiri sesuai dengan yang diberikan. Siswa mencari informasi dari berbagai sumber yang relevan dengan tugas tersebut. Siswa lebih aktif dan memiliki semangat lebih tinggi dari sebelumnya. Faktor faktor yang dapat mendukung dan menghambat penggunaan strategi pembelajaran mandiri oleh guru mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan adalah kemampuan guru menguasai materi pelajaran serta motivasi yangg ada pada diri siswa itu sendiri. Adapun faktor penghambat yang sering dihadapi adalah terbatasnya alokasi waktu serta minimnya sumber belajar yang ada disekolah.
Tidak tersedia versi lain